Makna keikutsertaan peserta didik lanjut usia mengikuti kursus bahasa Mandarin "Persahabatan" di Klenteng Eng An Kiong Malang / Della Rosanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna keikutsertaan peserta didik lanjut usia mengikuti kursus bahasa Mandarin "Persahabatan" di Klenteng Eng An Kiong Malang / Della Rosanti

Rosanti, Della (2013) Makna keikutsertaan peserta didik lanjut usia mengikuti kursus bahasa Mandarin "Persahabatan" di Klenteng Eng An Kiong Malang / Della Rosanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kursus bahasa Mandarin peserta didik lansia pendidikan luar sekolah Kursus bahasa Mandarin Persahabatan di Klenteng Eng An Kiong Malang merupakan kursus bahasa Mandarin pertama di Malang. Salah satu hal menarik lainnya dalam keberadaan kursus tersebut adalah dengan adanya peserta didik lanjut usia. Menurut data yang telah diperoleh pada bulan Februari 2013 menunjukkan adanya empat peserta didik lanjut usia tiga di antaranya yang masih aktif. Menarik untuk mengkaji kondisi kursus profil dan makna keikutsertaan peserta didik lanjut usia sebagai tujuan penelitian. Apabila biasanya belajar untuk masa depan lantas apakah yang melatarbelakangi mereka mengikuti kursus. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Tiga peserta didik lanjut usia tiga peserta didik dewasa satu orang pembimbing dan satu orang pimpinan kursus sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Data di analisis dengan empat tahap yaitu (1) membaca transkrip berulang-ulang (2) memberikan tema sekaligus pengkodean (3) mengelompokkan komentar ke dalam tema yang sama (4) mencari kesamaan pola pemaknaan dari keseluruhan subyek penelitian. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Kursus Bahasa Mandarin Persahabatan letaknya mudah dijangkau berada di dalam area klenteng menjadi daya tarik tersendiri bagi peserta didik yang baru memasukinya. Fasilitas yang dimiliki sudah cukup dalam melayani peserta didiknya pembimbing di kursus tersebut juga sangat kompeten. Sumber belajar yang digunakan berupa buku yang berasal dari RRT sampai sekarang kursus tersebut sudah mampu mencetak peserta didiknya menjadi guru bahasa Mandarin di beberapa sekolah yang berada di Malang (2) Profil peserta didik maupun pembimbing belum diarsipkan/didokumentasikan padahal peserta didik merupakan salah satu faktor terpenting dalam sistem pendidikan. Orang dewasa bukanlah seperti anak-anak yang perlu di ajar tetapi orang dewasa lebih tepat dikatakan dibimbing untuk belajar. Dengan begitu dalam menyampaikan materi merupakan salah satu kunci keberhasilan pelaksanaan Kursus Bahasa Mandarin Persahabatan terutama dengan adanya peserta didik lanjut usianya dan (3) Makna keikutsertaan peserta didik lanjut usia mengikuti Kursus Bahasa Mandarin Persahabatan adalah sebagai upaya untuk mencegah kepikunan dan sarana bergaul dengan teman-temannya. Di samping itu aktivitas belajarnya di Persahabatan juga untuk mengisi waktu luangnya di masa tua agar tidak kesepian dan sebagai perwujudan untuk belajar seumur hidup.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4960

Actions (login required)

View Item View Item