Febrianto, Cakra Ashar (2013) Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme tenaga pendidik di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kecamatan Sananwetan Kota Blitar / Cakra Ashar Febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci PAUD tenaga pendidik profesionalisme. Profesonalisme tenaga pendidik dalam mengajar adalah kemampuan tenaga pendidik untuk meciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Profesionalisme tenaga pendidik dalam mengajar tercermin dari metodologi pengajaran yang dipakai. Tenaga pendidik yang memiliki profesionlisme yangtinggi dalam mengajar mampu menciptakan suasana kelas yang inspiratif bagi anak didiknya. Sehingga profesionalisme tenaga pendidik sangat penting dimiliki oleh setiap tenaga pendidik. Karena dengan profesionalisme yang tinggi dalam mengajar akan dihasilan anak-anak yang berkualitas tinggi. Tujuan Utama diadakannya penelitian ini adalah untuk menunjukkan sejauh mana status sosial ekonomi tingkat pendidikan dan insentif mempengaruhi profesionalisme tenaga pendidik PAUD. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linier berganda penelitian ini berusaha menjelaskan variabel mana yang paling berperan dominan mempengaruhi komptensi tenaga pendidik PAUD. Penelitian ini menggunakan dua buah variabel yaitu variabel bebas X dan variabel terikat Y. Faktor-faktor yang mempengaruhi sebagai variabel bebas X mempunyai sub variabel status sosial ekonomi (X1) tingkat pendidikan (X2) dan insentif (X3). Profesionalisme tenaga pendidik PAUD (Y) sebagai variabel terikat yang dilihat pengaruhnya dalam taraf signifikasi 0 05. Hasil penelitian ini diperoleh (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi terhadap profesionalisme tenaga pendidik PAUD (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosail ekonomi terhadap profesionalisme tenaga pendidik PAUD (3) terdapat pengaruh yang siginifikan antara insentif terhadap profesionalisme tenaga pendidik PAUD. Tingkat pendidikan (X2) adalah faktor yang peling dominan berpengaruh terhadap profesionalisme tenaga pendidik PAUD dengan nilai angka thitung sebesar 3 325 dengan sig sebesar 0 002 0 050 dan dengan besaran prosentase sebesar 20 90% Hal tersebut dapat dilihat dari nilai sumbangan efektif variabel tingkat pendidikan (X2) yang lebih besar dari nilai sumbangan efektif variabel lainnya. Bagi lembaga PAUD penelitian ini berguna untuk dijadikan masukkan bagi pengembangan mutu tenaga pendidik. Untuk peneliti penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk pelaksanaan penelitian lanjutan maupun penelitian yang sejenis dengan pendekatan kualitatif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Mar 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4950 |
Actions (login required)
View Item |