Perencanaan program paket C di PKBM Tambo Kecamatan PAsirian Kabupaten Lumajang / Rovika Nur Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Perencanaan program paket C di PKBM Tambo Kecamatan PAsirian Kabupaten Lumajang / Rovika Nur Aini

Aini, Rovika Nur (2013) Perencanaan program paket C di PKBM Tambo Kecamatan PAsirian Kabupaten Lumajang / Rovika Nur Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Perencanaan Program Paket C Program kesetaraan paket C adalah program pendidikan pada jalur nonformal yang ditujukan bagi warga masyarakat karena keterbatasan sosial ekonomi waktu kesempatan dan geografi tidak dapat mengikuti pendidikan di sekolah menengah atas dan/atau yang sederajat. Pendidikan kesetaraan program kesetaraan paket C berfungsi untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan sikap dan nilai peserta didik yang setara dengan SMA. Penyelenggaraan paket C dirancang untuk memberikan bekal pengetahuan keterampilan sikap dan kemampuan fungsional praktis kepada warga masyarakat yang dapat dimanfaatkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan/atau untuk dapat bekerja atau berusaha mandiri (individu atau kelompok) guna meningkatkan taraf hidupnya. Setiap komponen tentunya memiliki permasalahan dan sebaiknya disusun dengan baik dalam tahap perencanaan. Hal ini dikarenakan menurut Sudjana (2000 61) perencanaan merupakan proses sistematis dalam pengambilan keputusan tentang tindakan yang akan di lakukan pada waktu yang akan datang. Permasalahan dalam perencanaan inilah yang akan diangkat dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan identifikasi kebutuhan sumber belajar masyarakat (IKSBM) dalam menyusun program paket C di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang mendeskripsikan model penentuan prioritas program paket C di PKBM Tambo Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian dalam bentuk deskriptif. Metode penggalian data yang digunakan adalah teknik observasi wawancara dan studi dokumentasi. Proses analisis dimulai dengan menelaah seluruh data yang diperoleh analisis data dilakukan dengan membandingkan antara satu informasi dengan informasi yang lain analisis berikutnya dilakukan saat penulis membuat catatan hasil temuan di lokasi penelitian. Pengecekan keabsahan data penulis membanding-bandingkan data atau informasi yang diperoleh dari satu metode dengan metode lainnya Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh kesimpulan dari hasil penelitian sebagai berikut. Pertama perencanaan program paket C di PKBM Tambo meliputi identifikasi kebutuhan sumber belajar masyarakat. Kemudian setelah hasil identifikasi ditemukan data untuk perencanaan penentuan prioritas program paket C. Setelah perencanaan penentuan prioritas program paket C maka dilakukan perencanaan rancangan program paket C. Dalam perencanaan program paket C PKBM Tambo menggunakan perencanaan yang bersifat pasrtisipatif artinya bahwa perencanaan program dilakukan dengan melibatkan masyarakat. Kedua PKBM Tambo mengidentifikasi program paket C diawali dengan menggali potensi yang ada pada masing-masing wilayah dengan bantuan beberapa tim untuk identifikasi kebutuhan sumber belajar masyarakat (IKSBM). Ketiga PKBM Tambo membuat rancangan perencanaan program paket C berupa proposal. Dari semua kegiatan yang telah dilakukan oleh penulis disarankan kepada PKBM Tambo agar membuat perencanaan program paket C lebih baik lagi atau membuat perencanaan yang lebih inovatif. Sehingga diharapkan dapat dijadikan acuan yang lebih baik dalam pelaksanaan program paket C dan lebih banyak lagi masyarakat yang akan mengikuti program paket C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4949

Actions (login required)

View Item View Item