Justitia, Ceria (2013) Tingkat pemahaman kompetensi pada guru sebagai pendidik anak usia dini di pos paud wilayah Kota Malang / Ceria Justitia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci tingkat pemahaman kompetensi guru pendidik anak usia dini Pendidikan anak usia dini memerlukan penanganan yang khas dibandingkan dengan pendidikan lainnya karena anak usia dini memiliki karakteristik perkembangan dan cara belajar yang berbeda dengan anak-anak yang usianya lebih tua sehingga diperlukan bimbingan yang khas pula agar anak dapat berkembang secara optimal. Oleh karena itu guru sebagai pendidik anak usia dini dituntut untuk memiliki kompetensi yang meliputi kompetensi pedagogik kepribadian sosial dan profesional. Mengingat sebagian besar layanan pendidikan anak usia dini dilakukan oleh tenaga pendidik dengan kemampuan dasar yang bervariasi dengan berbagai latar belakang pendidikan yang tidak sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap kompetensi yang harus dimiliki sebagai pendidik anak usia dini di POS PAUD wilayah Kota Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif yang bersifat deskriptif dengan teknik penelitian cluster random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah POS PAUD di wilayah Kota Malang dengan mengambil 34 guru sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Untuk teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif yang meliputi analisis frekuensi persentase dan rerata. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan pemahaman guru terhadap kompetensi pedagogik yang termasuk dalam kualifikasi sangat baik adalah mengembangkan kemampuan peserta didik. Pada kompetensi kepribadian menunjukkan pemahaman guru yang sangat baik adalah untuk indikator memiliki kepribadian yang mantap dan stabil. Untuk kompetensi sosial pemahaman guru yang termasuk dalam kualifikasi sangat baik adalah berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat. Sedangkan untuk kompetensi profesional menunjukkan bahwa pemahaman guru yang termasuk dalam kualifikasi sangat baik adalah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri. Berdasarkan penelitian ini dapat disarankan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dalam menjalin hubungan dengan guru POS PAUD di wilayah Kota Malang diharapkan dapat saling menambah pengetahuan dalam mengembangkan kemampuan peserta didik. Memanfaatkan teknologi informasi berupa media cetak dan elektronik dalam mengembangkan kemampuan dan pengetahuan mengenai pendidikan anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4947 |
Actions (login required)
View Item |