Penerapan metode shalawat Ad-Dibai dalam program pemberdayaan karakter di panti asuhan At-Taufiq / Donny Ferdany Rafisaldy - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode shalawat Ad-Dibai dalam program pemberdayaan karakter di panti asuhan At-Taufiq / Donny Ferdany Rafisaldy

Rafisaldy, Donny Ferdany (2012) Penerapan metode shalawat Ad-Dibai dalam program pemberdayaan karakter di panti asuhan At-Taufiq / Donny Ferdany Rafisaldy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Shalawat Ad-Dibai pemberdayaan panti asuhan Shalawat merupakan amal ibadah yang sangat penting. Shalawat dapat membuat orang yang melakukannya bertambah keimanannya. Manusia bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW karena manusia perlu syafaat nabi. Bila seseorang bershalawat diibaratkan sebuah gelas yang diisi air terus-menerus kemudian akhirnya air itu tumpah maka air yang tumpah itu mengenai orang yang menuangkan air ke dalam gelas tersebut. Bila kita bershalawat maka yang merasakan dampak positif yang besar adalah kita sendiri. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan metode Ad-Dibai dalam program pemberdayaan di Panti Asuhan At- Taufiq Kota Malang (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran dengan metode Ad-Dibai pada anak-anak Panti Asuhan At-Taufiq Kota Malang. Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Peserta dalam metode ini adalah anak asuh dan pengasuh. Alat yang dipakai dalam praktik pembacan shalawat Ad-Dibai adalah buku Diba Maulid terbang banjari dan bas. Jumlah terbang banjari ada tiga sedangkan jumlah bas ada satu. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran dengan metode shalawat Ad-Dibai dengan menggunakan shalawat lebih menarik menyenangkan dan bermanfaat bagi warga belajar. Hasil pembelajaran dengan menggunakan metode shalawat Ad-Dibai membuat sebagian anak asuh mendapatkan hal baru yang positif dalam hal kognitif afektif dan psikomotorik. Hal ini menarik karena dengan mengg Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian adalah anak yatim mengalami pemberdayaan dalam bidang karakter. Anak asuh yang semula malas sebagian besar dari mereka menjadi rajin. Selain itu anak asuh menjadi terampil dalam memainkan alat musik. Saran bagi pengasuh panti adalah hendaknya dalam menjelaskan isi dari metode shalawat tidak terlalu cepat agar seluruh anak asuh mampu memahami seluruh isinya. Saran yang lain adalah bagi Kepala Panti agar pelaksanaan pembelajaran dengan metode shalawat Ad-Dibai hendaknya digiatkan agar anak asuh lebih berdaya dalam pengembangan karakter. Karakter yang dimaksud adalah karakter yang baik sesuai dengan yang diajarkan dalam metode shalawat Ad-Dibai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Sep 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4927

Actions (login required)

View Item View Item