Iswianti, Mery (2013) Proses integrasi pendidikan karakter pada mata pelajaran produktif bidang keahlian tata busana (studi kasus pada kurikulum) di SMK Negeri 3 Malang / Mery Iswianti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Iswianti Mery. 2012. Proses Integrasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Produktif Bidang Keahlian Tata Busana (Study Kasus pada Kurikulum) di SMK Negeri 3 Malang. Skripsi Jurusan Teknologi Industri. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Anik Dwiastuti ST. MT (2) Agus Sunandar S.Pd M.Sn Kata Kunci Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Produktif Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan kesadaran atau kemauan dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pendidikan karakter bertujuan untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh terpadu dan seimbang sesuai dengan standar kompetensi lulusan. Terdapat 18 nilai karakter yang dikembangkan dan dilaksanakan dalam sekolah yaitu religius jujur toleransi disiplin kerja keras kreatif mandiri demokratis rasa ingin tahu semangat kebangsaan cinta tanah air menghargai prestasi bersahabat/komunikatif cinta damai gemar membaca peduli lingkungan peduli sosial tanggung jawab. 18 nilai karakter tersebut diintegrasikan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) salah satunya adalah diintegrasikan pada mata pelajaran. Mata pelajaran kelompok produktif menjadi salah satu substansi pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) selain mata pelajaran normatif dan adaptif. SMK Negeri 3 Malang diketahui sudah mengimplementasikan program pendidikan karakter pada mata pelajaran produktif khususnya bidang keahlian tata busana. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan studi dokumentasi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data dilakukan dengan reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa tahap-tahap pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 3 Malang dimulai dari tahap sosialisasi pelatihan implementasi ekspos dan laporan. Nilai karakter yang diintegrasikan pada mata pelajaran menjahit di SMK Negeri 3 Malang adalah karakter kreatif berfikir logis peduli lingkungan mandiri disiplin bertanggung jawab kerja keras kecerdasan dan gemar membaca. Sedangkan proses integrasi pendidikan karakter pada mata pelajaran produktif bidang keahlian tata busana dituangkan dalam silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Proses pengintegrasian nilai karakter pada silabus disesuaikan dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) mata pelajaran produktif khususnya menjahit. Setelah pengintegrasian dituangkan dalam silabus selanjutnya adalah pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengintegrasian nilai karakter pada RPP dicantumkan dalam (a) tujuan pembelajaran (b) kegiatan pembelajaran dan (c) evaluasi pembelajaran. Selanjutnya diimplementasikan pada pembelajaran melaksanakan penilaian dan mengevaluasi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49026 |
Actions (login required)
View Item |