Kiswati, Anik (2013) Studi tentang kesesuaian sarana dan prasarana laboraotorium praktikum pada kompetensi keahlian tata busana SMK Negeri di Kota Malang dengan Permendiknas nomor 40 tahun 2008 / Anik Kiswati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kiswati Anik. 2013. Studi Tentang Kesesuaian Sarana dan Prasarana Laboratorium Praktikum pada Kompetensi Keahlian Tata Busana SMK Negeri di Kota Malang dengan PERMENDIKNAS Nomor 40 Tahun 2008. Skripsi Jurusan Teknologi Industri Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Nurul Aini M.Pd (II) Dra. Hapsari Kusumawardani M.Pd Kata Kunci Sarana Prasarana Laboratorium Praktikum Tata Busana 12288 12288 12288 12288 Sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu sumber daya yang penting dan utama dalam menunjang kegiatan pembelajaran praktikum di sekolah untuk itu perlu adanya perhatian yang seimbang terhadap ketersediaan sarana dan prasarana yang ada di satuan pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan. SMK Negeri dengan Prodi Tata Busana dalam hal ini mutlak harus mempunyai sarana dan prasarana laboratorium praktikum yang merupakan sarana dan prasarana pokok untuk membekali siswa dalam keterampilan psikomotor untuk setiap keahlian tanpa adanya sarana dan prasarana yang memadai maka akan sulit bagi SMK untuk melaksanakan proses pembelajaran dengan optimal. Standar sarana dan prasarana dikembangkan oleh BSNP dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 40 tahun 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat secara terperinci mengenai sarana dan prasarana laboratorium praktikum pada Kompetensi Keahlian Tata Busana SMK Negeri di Kota Malang apakah sarana dan prasarana yang digunakan sudah sesuai dengan standar dalam PERMENDIKNAS Nomor 40 Tahun 2008 atau belum. 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Dalam hal ini deskriptif digunakan peneliti untuk melihat ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium praktikum Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri di Kota Malang sedangkan pendekatan kuantitatif digunakan untuk melihat kesesuaian sarana dan prasarana laboratorium praktikum Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri di Kota Malang dengan standar yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) SMK Negeri Kompetensi Keahlian Tata Busana di Kota Malang memiliki ketersediaan sarana yang sesuai dengan PERMENDIKNAS Nomor 40 Tahun 2008 sedangkan prasarana yang tersedia pada SMK Negeri di Kota Malang dapat dikategorikan cukup sesuai. Jika dilihat dari segi kondisi fisik laboratorium dapat dikategorikan sangat sesuai sedangkan untuk kondisi peralatan dapat dikategorikan baik (2) Hasil temuan data tentang sarana dan prasarana menunjukkan bahwa SMK Negeri 3 Malang memiliki kualifikasi paling lengkap SMK Negeri 7 Malang kualifikasinya sedang dan SMK Negeri 5 Malang kualifikasinya paling rendah (3) diterapkannya standar baku sarana dan prasarana kebanyakan masih belum sesuai dengan kondisi keberagaman dan heterogenitas lingkungan SMK sehingga kerap mendatangkan permasalahan berbeda-beda pada setiap satuan pendidikan yang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/49023 |
Actions (login required)
View Item |