Oktaviartini, Ika (2010) Tanggapan siswa kelas XII Jurusan Tata Busana tahun ajaran 2009/2010 terhadap pelaksanaan pendidikan sistem ganda (PSG) di SMK Negeri 1 Panji-Situbondo / Ika Oktaviarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pendidikan Sistem Ganda (PSG) dan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI). Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang menyiapkan agar lulusan peserta didiknya untuk dapat dan mampu bekerja pada bidang pekerjaan tertentu sesuai dengan jurusannya. Salah satu program SMK yaitu Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang merupakan program bersama antara SMK dengan dunia usaha/dunia industri dimana penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di dua tempat yaitu di sekolah dan di industri. Menurut Kepmendikbud program penyelenggaraan PSG pada SMK perlu dikembangkan agar tamatan SMK memperoleh kemampuan profesional untuk dapat melaksanakan pekerjaan dalam proses produksi yang menghasilkan barang dan jasa. Program PSG ini diharapkan dapat dikelola bersama-sama antara pihak SMK dengan pihak industri/asosiasi profesi sebagai institusi pasangan mulai dari tahap perencanaan pelaksanaan hingga tahap evaluasi dan sertifikasi. Program PSG menggunakan berbagai bentuk alternatif pelaksanaan seperti day release dan block release yang dilaksanakan selama antara 4 bulan sampai 12 bulan pada industri dalam dan luar negeri baik itu industri skala kecil menengah maupun skala besar. Subjek penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Panji-Situbondo. SMK Negeri 1 Panji-Situbondo ini merupakan SMK SBI yang telah memiliki lisensi ISO 9001 2008 yang salah satu tujuannya untuk dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan tenaga kerja. Topik yang dipilih dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Tanggapan Siswa Kelas XII Jurusan Tata Busana Tahun Ajaran 2009/2010 terhadap Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Negeri 1 Panji-Situbondo. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tanggapan siswa kelas XII jurusan tata busana tahun ajaran 2009/2010 terhadap pelaksanaan PSG yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 1 Panji-Situbondo. Rancangan penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan tata busana tahun 2009/2010 SMK Negeri 1Panji-Situbondo dengan sampel kelas XII yang berjumlah 29 siswa dengan teknik yang dipilih yaitu teknik sampling jenuh. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa persentase untuk variabel pelaksanaan PSG terdapat 21 responden menyatakan pelaksanaan PSG dilaksanakan sangat baik yaitu sebesar 72 41% baik dari segi persiapan pelaksanaan monitoring dan evaluasi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini yaitu 72 41% dari siswa kelas XII Jurusan Tata Busana Tahun Ajaran 2009/2010 menyatakan sangat baik pada pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di SMK Negeri 1 Panji-Situbondo. Pelaksanaan PSG yang diselenggarakan di SMK Negeri 1 Panji-Situbondo ini telah memberikan banyak manfaat dan sesuai dengan tujuan yang telah diharapkan yaitu menciptakan dan meningkatkan tenaga kerja yang mandiri ulet dan berkualitas. Sedangkan saran untuk hasil penelitian ini yaitu untuk terus meningkatkan kualitas kompetensi yang telah dimiliki siswa guna peningkatan mutu pendidikan dan bekal menghadapi dunia kerja yang akan datang hendaknya lebih memperluas jaringan kerja sama terhadap dunia usaha/dunia industri guna terciptanya peningkatan mutu pendidikan serta dunia industri atau perusahaan diharapkan dapat bekerja sama dengan pihak SMK baik dalam proses pelatihan dan pendidikan guna terciptanya peningkatan mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknologi Industri (TI) > S1 Pendidikan Tata Busana |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Oct 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/48929 |
Actions (login required)
View Item |