Andrian, Achmad Zulva (2013) Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matapelajaran dasar elektronika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas X Listrik 1 SMK Negeri 1 Kertosono / Achmad Zulva Andrian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Andrian Achmad Zulva. 2013. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil belajar matapelajaran dasar Elektronika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together Pada Siswa Kelas X Listik 1 SMK Negeri 1 Kertosono .Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) Dyah Lestari S.T M.Eng Kata Kunci Model pembelajaran Numbered Head Together aktivitas belajar hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Pendidikan adalah sebuah kebutuhan dimana dengan sebuah pendidikan akan mengerti apa dan bagaimana memanfaatkan ilmu dengan sebaik-baiknya. Dalam proses pembelajaran seringkali menjumpai suasana belajar yang kurang memuaskan sehingga membuat pembelajaran kurang berkualitas. dan hasil belajar peserta didik. Sementara itu berdasarkan hasil observasi di kelas Kelas X Listik 1 SMK Negeri 1 Kertosono diketahui bahwa aktivitas siswa rendah. Siswa tidak aktif mengemukakan pendapat dan masih takut untuk bertanya. Menurut data yang diperoleh peneliti ada beberapa siswa yang tuntas (KKM 8805 73) dalam pokok bahasan tersebut. Untuk mengatasi masalah di kelas tersebut solusi yang ditawarkan adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together. 12288 12288 12288 12288 Tujuan Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Karena keadaan di lapangan menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa masih rendah. 12288 12288 12288 12288 Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan tahap-tahap sesuai yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Adapun jenis PTK yang digunakan adalah PTK kolaboratif partisipatoris yakni adanya kerja sama antara peneliti dengan guru yang mengajar di kelas. Hasil penelitian yang diperoleh pada penelitian ini meliputi (1) aktivitas siswa pada siklus 1 memiliki persentase total 72 27% siklus 2 sebesar 81 36% siklus 3 meningkat menjadi angka 86 51% (2) Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I II dan III. Rata - rata ketuntasan siswa siklus I adalah 74 6 siklus II 82 8 dan siklus III 85 90. 12288 12288 12288 12288 Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matapelajaran dasar elektronika kompetensi dasar memahami sifat sifat komponen elektronika pada siswa kelas X listik 1 SMK Negeri 1 Kertosono.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/47616 |
Actions (login required)
View Item |