Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia pokok bahasan menggunakan alat ukur listrik untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Listrik / Nuril Anwar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia pokok bahasan menggunakan alat ukur listrik untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Listrik / Nuril Anwar

Anwar, Nuril (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia pokok bahasan menggunakan alat ukur listrik untuk siswa SMK Program Keahlian Teknik Listrik / Nuril Anwar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Bahan Ajar Multimedia Alat ukur listrik. Pengukuran besaran listrik adalah matapelajaran yang memerlukan kegiatan praktikum pada masing-masing alat ukurnya agar siswa dapat menguasai konsep pengukuran listrik. Hal tersebut perlu diperhatikan bagi guru yang bersangkutan agar dalam menyampaikan materi mudah dipahami oleh siswanya. Belajar dengan melihat mendengar dan melakukannya maka pembelajaran akan lebih mudah dipahami oleh siswa berdasarkan hal tersebut pembuatan media yang interaktif diperlukan agar pembelajaran lebih menyenangkan sehingga tercipta minat dan respon yang baik dari siswa. Berdasarkan kenyataan di atas peneliti mengembangkan sebuah bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Bahan ajar ini dikembangkan menggunakan model b pengembangan menurut Borg and Gall. Uji coba dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif berdasarkan Akbar dan Sriwiyana dimana terdapat tiga tahap uji coba yaitu uji perorangan (validasi ahli materi ahli media) uji coba kelompok kecil (5 orang siswa) dan uji coba kelompok besar (20 orang siswa). Pengembangan ini menghasilkan bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Fitur materi berisi materi pembelajaran dan video simulasi menggunakan alat ukur tersebut. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapat persentase hasil validasi oleh ahli media sebesar 83% hasil validasi oleh ahli materi sebesar 93%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa bahan ajar interaktif secara keseluruhan dinyatakan layak/valid dengan pencapaian rata-rata sebesar 88%. Bahan ajar berbasis multimedia interaktif dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran dan media belajar mandiri siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/47610

Actions (login required)

View Item View Item