Zamroni, Zamroni and Rahman, Diniy Hidayatur and Zen, Ella Faridati (2023) Validitas konten MOOC: menemukan best practice layanan BK melalui riset pengembangan. Sendikan, Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1 (1). pp. 126-134.
Text
view_usp=drive_link Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten MOOC mengenai keterampilan riset pengembangan dalam menemukan best practice layanan konselor/guru BK di sekolah. Pengembangan konten dan MOOC dilakukan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan telah memenuhi kriteria valid, baik pada aspek tampilan dan isi (ketepatan, kegunaan, kemudahan, dan kemenarikan). Temuan ini berimplikasi pada pentingnya penguasaan pengetahuan dan keterampilan riset bagi konselor/guru BK dalam mengembangkan layanannya kepada peserta didik di sekolah. Kata kunci: Validitas, Konten MOOC, Best Practice, Layanan BK, Riset Pengembangan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Proceedings |
Depositing User: | LPPM UM |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 06:36 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 07:53 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/4722 |
Actions (login required)
View Item |