Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis WEB pada perangkat bergerak pada mata pelajaran produktif animasi di SMK / Argho Hastika Maharaga - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis WEB pada perangkat bergerak pada mata pelajaran produktif animasi di SMK / Argho Hastika Maharaga

Maharaga, Argho Hastika (2013) Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis WEB pada perangkat bergerak pada mata pelajaran produktif animasi di SMK / Argho Hastika Maharaga. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maharaga Argho Hastika. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Perangkat Bergerak Pada Mata Pelajaran Produktif Animasi Di SMK. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Tehnik. Universitas negeri Malang. Pembimbing (1) I Made Wirawan S.T. S.S.T. M.T (2) Muhammad Jauharul Fuady S.T. M.T. Kata Kunci pengembangan mobile learning perangkat bergerak. Standar kompetensi menggambar sketsa dan menggambar bentuk merupakan materi pada mata pelajaran produktif SMK kompetensi keahlian Animasi kelas X semester 1. Media yang digunakan di sekolah berupa slide power point kemudian guru menjelaskan secara berceramah dengan waktu yang cukup singkat. Dari observasi yang telah dilakukan di SMKN 11 Malang sebanyak 80% siswa memiliki perangkat telepon genggam dengan spesifikasi minimal memiliki perambah yang mendukung HTML CSS dan koneksi GPRS standar. Siswa membutuhkan media yang mendukung untuk membantu siswa belajar terus menerus dimana saja dan kapan saja. Tujuan dari pengembangan ini adalah tersedianya media pembelajaran interaktif yang layak berbasis web pada perangkat bergerak pada mata pelajaran produktif animasi di SMK yang mendukung pembelajaran dimana saja dan kapan saja serta mengintegrasikan bahan materi ke dalam media pembelajaran. Kemudian menguji kelayakan media pembelajaran sebagai suplemen pembelajaran mandiri. Pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan menurut Sugiyono yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket pada uji coba ahli materi ahli media dan siswa sebagai uji pengguna. Sedangkan analisi data menggunakan teknik presentase oleh Akbar dan Sriwijaya. Hasil penelitian media pembelajaran berbasis web pada perangkat bergerak ini dinyatakan sangat valid dengan data akhir sebesar 92.34% dengan rincian data dari validasi ahli materi yaitu 91 67% validasi ahli media 94 64% dan siswa 90.71 %. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan valid dan layak untuk digunakan sebagai suplemen baru dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45893

Actions (login required)

View Item View Item