Diniyah, Nasihatud (2013) Pengembangan media pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah berbasis animasi dengan penerapan metode taghona untuk siswa TK Roudlotul Hikmah Cukir Jombang / Nasihatud Diniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Diniyah Nasihatud.2013. Pengembangan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Hijaiyah Berbasis Animasi dengan Penerapan Metode Taghona untuk Siswa TK Roudlotul Hikmah Cukir Jombang. Skripsi. S1 Pendidikan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Elektro. Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Heru Wahyu Herwanto S.T. M.Kom (2) Mohamad Rodhi Faiz S.T. M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Pengenalan Huruf hijaiyah Metode Taghona Pengenalan huruf hijaiyah merupakan keterampilan yang diajarkan kepada anak usia prasekolah atau usia taman kanak-kanak untuk mempersiapkan diri memasuki pendidikan dasar. Dengan dikuasainya keterampilan ini maka akan membantu anak dalam belajar membaca huruf hijaiyah. Namun pada kenyataannya tidaklah mudah dalam mengajarkan huruf hijaiyah kepada anak usia pra sekolah. Oleh karena itu demi menunjang pembelajaran membaca untuk anak usia prasekolah maka dikembangkan media pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah berbasis animasi dengan menerapkan Metode Taghona. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah berbasis animasi pada siswa taman kanak-kanak yang menarik dan menyenangkan serta untuk menguji kelayakan media pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah tersebut. Untuk menguji kelayakan media pembelajaran ini maka akan dilakukan pengolahan data yang diperoleh dari hasil angket pada tahap analisis data. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Sugiono. Dipilihnya model pengembangan Sugiyono karena adanya kesesuaian langkah-langkah yang terperinci dengan kebutuhan pengembangan media pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah. Dengan adanya langkah uji coba dan revisi yang berlapis diharapkan produk yang dihasilkan mampu memenuhi kriteria produk yang valid sehingga produk rancangan mempunyai standar kelayakan yang tepat. Selain itu demi menunjang isi materi yang disampaikan maka pada media maka diterapkan metode Taghona yaitu metode pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah yang menggabungkan metode konvensional dengan bernyanyi. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk diperoleh presentase hasil validasi ahli media sebesar 95% presentase hasil validasi ahli materi sebesar 89 43% presentase hasil uji coba produk sebesar 93 06% presentase hasil uji coba pemakaian sebesar 91 67%. Berdasarkan nilai presentase tersebut dapat dikatakan bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa TK. Namun untuk pengembangan media selanjutnya tetap diperlukan saran supaya media dapat dikembangkan lagi dengan lebih kreatif untuk menunjang proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45890 |
Actions (login required)
View Item |