Fatoni, Irsam Muhammad (2013) Penerapan metode pembelajaran Problem Posing dalam metode pembelajaran Think Pair Square (PP-TPS) untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasail belajar siswa pada mata pelajaran Desain WEB di kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Mojokerto / Irsam Muhammad Fatoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fatoni Irsam Muhammad. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Posing dalam Metode Pembelajaran Think Pair Square (PP-TPS) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Web di Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Mojokerto. Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto M.Kom (II) Didik Dwi Prasetya S.T M.T. Kata kunci metode pembelajaran Think Pair Square metode pembelajaran Problem Posing keaktifan siswa hasil belajar mata pelajaran Desain Web. Berdasarkan observasi pada siswa kelas X TKJ yang dilakukan diperoleh beberapa data masalah antara lain a) Rendahnya nilai rata-rata ulangan tengah semester siswa mata pelajaran Desain Web yaitu sebesar 53 71 b) Masalah utama dalam kasus ini adalah siswa kurang aktif di kelas cenderung tidak pernah mengajukan pertanyaan dalam pembelajaran. c) Sebelumnya guru memberikan Metode pembelajaran PBL (Project Based Learning) ternyata tidak berhasil karena fasilitas/sarana prasarananya tidak mendukung sehingga proses pembelajaran tidak dapat terealisasikan dengan baik. Selain itu dengan menggunakan PBL siswa kurang aktif dan pasif dalam praktik saat praktik berkelompok ada siswa yang tidak aktif untuk mengerjakan hanya melihat anggota kelompoknya yang mengerjakan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Desain Web pada siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Mojokerto. Berdasarkan hasil diskusi dan refleksi terhadap masalah tersebut disepakati bahwa pemecahan masalah akan dilakukan dengan menggunakan model siklus belajar kooperatif dengan implementasi metode pembelajaran Problem Posing dalam metode pembelajaran Think Pair Square. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. PTK adalah bentuk penelitian praktis yang dilakukan oleh guru untuk menemukan solusi dari permasalahan yang timbul dikelas agar dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran di kelas siklus I terdiri dari dua pertemuan dengan kompetensi dasar pengenalan perintah tag HTML dan siklus II teridri dari dua pertemuan dengan kompetensi dasar melakukan pembuatan halaman web dengan software web design. Penerapan metode Problem Posing dalam Think Pair Square dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas X TKJ pada mata pelajaran Desain Web yaitu kompetensi dasar pengenalan perintah tag HTML dan melakukan pembuatan halaman web dengan software web design terbukti dengan peningkatan keaktifan belajar pada siklus I sebesar 71 15% dan pada siklus II mencapai 73 5% dan hasil belajar mengalami peningkatan ditunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas yaitu 15 siswa dan masih ada 5 siswa yang belum tuntas rata-rata kelas sebesar 75 5. Pada akhir siklus II sudah mengalami peningkatan yaitu siswa yang tuntas belajar sebanyak 18 siswa hanya 2 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata 80 dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90% sehingga sudah bisa dinyatakan tuntas belajar. Guru bidang studi TKJ terutama di SMK Muhammadiyah 1 Mojokerto dapat menerapkan metode Problem Posing dalam Think Pair Square pada kegiatan pembelajaran di kelas untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45875 |
Actions (login required)
View Item |