Pengembangan bahan ajar aplikasi transliterasi Arab-Latin di Taman Pendidikan Al-Qur'an Sabilurrosyad Jl. Raya Candi Gasek Malang / Muhammad Iqbal Arrikza - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar aplikasi transliterasi Arab-Latin di Taman Pendidikan Al-Qur'an Sabilurrosyad Jl. Raya Candi Gasek Malang / Muhammad Iqbal Arrikza

Arrikza, Muhammad Iqbal (2013) Pengembangan bahan ajar aplikasi transliterasi Arab-Latin di Taman Pendidikan Al-Qur'an Sabilurrosyad Jl. Raya Candi Gasek Malang / Muhammad Iqbal Arrikza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arrikza Muhammad Iqbal. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Aplikasi Transliterasi Arab-Latin Di Taman Pendidikan Al-Qur an Sabilurrosyad Jl. Raya Candi Gasek Malang. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Puger Honggowiyono M.T. (II) Didik Dwi Prasetya S.T. M.T. Kata Kunci bahan ajar aplikasi Transliterasi Arab-Latin. Bahan ajar transliterasi Arab-Latin yang digunakan di TPQ Sabilurrosyad masih bersifat tradisional (paper based) mengakibatkan proses pembelajaran yang berlangsung kurang interaktif dan efektif. Dengan berkembangnya proses pembelajaran berbasis media electronic maka dibutuhkan pengembangan bahan ajar aplikasi transliterasi Arab-Latin. Tujuan pengembangan bahan ajar ini adalah mengidentifikasi kebutuhan desain merancang dan menghasilkan bahan ajar aplikasi transliterasi Arab-Latin. Dalam pengembangan bahan ajar ini menggunakan metode pengembangan Sugiyono dan Borg Gall yang sudah dimodifikasi menjadi 11 langkah yaitu (1) mengidentifikasi kebutuhan (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) pengembangan produk (7) validasi produk (8) revisi produk (9) uji lapangan (10) revisi produk (11) produk akhir dan laporan. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan instrumen berbentuk angket ahli media dan ahli materi serta siswa. Adapun teknik analisis menggunakan analisis data angket dan analisis data secara keseluruhan. Berdasarkan hasil uji coba pada ahli media melalui hasil angket diperoleh prosentase 95 25 % yang berarti bahan ajar ini layak digunakan. Dan dari ahli materi menunjukkan persentase 92% yang berarti materi dalam bahan ajar ini layak dijadikan sebagai bahan ajar di TPQ Sabilurrosyad. Sedangkan uji coba lapangan dengan subyek 15 responden dari siswa TPQ mendapat prosentase 89% dan rata-rata nilai kriteria ketuntasan minimal 87 38 yang berarti layak untuk diterapkan di TPQ Sabilurrosyad sebagai bahan ajar aplikasi transliterasi Arab-Latin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45872

Actions (login required)

View Item View Item