Meningkatkan hasil belajar serta partisipasi siswa melalui pendekatan tutor sebaya dengan model PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran TIK di kelas X-1 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Oktario Dwi Indrawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar serta partisipasi siswa melalui pendekatan tutor sebaya dengan model PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran TIK di kelas X-1 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Oktario Dwi Indrawan

Indrawan, Oktario Dwi (2013) Meningkatkan hasil belajar serta partisipasi siswa melalui pendekatan tutor sebaya dengan model PBL (Problem Based Learning) pada pembelajaran TIK di kelas X-1 SMA Negeri 1 Tumpang Kabupaten Malang / Oktario Dwi Indrawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Metode Belajar Problem Based Learning Tutor Sebaya Hasil Belajar Partisipasi Siswa TIK SMA. Gelombang konstruktivisme telah membawa pergeseran paradigma berfikir mengenai proses belajar di kelas. Pergeseran ini juga membawa perubahan metode-metode yang dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Metode Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dianggap sesuai dan mulai banyak dikembangkan. Berdasarkan data hasil belajar TIK siswa dapat diketahui bahwa kualitas partisipasi siswa dan hasil belajar pembelajaran TIK yang ada di SMA Negeri 1 Tumpang masih kurang dari harapan guru-guru TIK. Masalah pembelajaran TIK diamati dari nilai rata-rata ujian tengah semester pada semester I tahun pelajaran 2011/2012 untuk kelas X-1 sampai X-9 sebesar 53. Skor tersebut mengindikasikan bahwa pemahaman siswa kelas X masih mengalami kesulitan untuk memahami dan menerima materi. Guru juga menyadari mungkin dari kesalahan menerapkan metode pembelajaran yang masih menggunakan ceramah dan hanya menggunakan simulasi dari contoh gambar saja maka sebagian besar siswa masih pasif dan pembelajaran yang didapatkan hanya terpusat dari guru. Berdasarkan hasil diskusi dan refleksi terhadap masalah tersebut disepakati bahwa pemecahan masalah akan dilakukan dengan menggunakan model-model siklus belajar kooperatif. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan hasil belajar TIK siswa kelas X SMA Negeri 1 Tumpang melalui implementasi metode Problem Based Learning dan pendekatan tutor sebaya yang dilaksanakan secara kolaborasi antara peneliti dan guru TIK yang mengajar dikelas tersebut. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua sampai tiga siklus. Pada masing-masing siklus dilakukan tahap perencanaan pelaksanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian menggunakan siswa kelas X-1 SMA Negeri 1 Tumpang kabupaten Malang (33 orang siswa).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/45834

Actions (login required)

View Item View Item