Hardianto, Feri (2013) Pengembangan modul praktikum kimia materi larutan kimia kelas X berbasis multimedia komputer / Feri Hardianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci kimia modul praktikum multimedia komputer Proses pembelajaran merupakan salah satu faktor keberhasilan dalam suatu pendidikan. Mewujudkan pembelajaran yang baik dan efektif diperlukan media pembelajaran yang interaktif dan beragam yang dapat membantu guru dalam memberikan dan menjelaskan materi serta membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran pada mata pelajaran yang sulit dipahami salah satunya mata pelajaran kimia. Media pembelajaran yang sering digunakan di SMA Negeri 1 Batu adalah media pembelajaran menggunakan slide powerpoint sedangkan media pembelajaran interaktif lain belum pernah digunakan. Materi pembelajaran dalam mata pelajaran kimia sebagian besar membutuhkan tingkat pemahaman dan hafalan yang cukup banyak salah satunya materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Setelah guru memberi materi pembelajaran siswa dituntut dapat melaksanakan praktikum sesuai dengan kompetensi yang telah ditentukan. Selain itu siswa harus dapat memahami hasil kegiatan praktikum yang telah dilaksanakan agar pelaksanaan kegiatan praktikum dapat berjalan sesuai tujuan dan pemahaman siswa terhadap materi dapat maksimal. Pengembangan modul praktikum kimia ini menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan Sugiyono. Sedangkan analisis data uji validitas menggunakan teknik Akbar Sa dun dengan menghitung hasil validasi ahli media ahli materi ujicoba kelas kecil dan ujicoba kelas besar. Produk yang dihasilkan berupa modul praktikum kimia materi larutan kimia kelas X berbasis multimedia komputer. Media yang dikembangkan memiliki tiga menu utama yaitu materi pembelajaran worksheet dan assessment. Berdasarkan analisis data validasi dan ujicoba didapatkan data akhir sebesar 89.79% untuk ahli media 82.99% untuk ahli materi 90.31% untuk siswa kelas kecil dan 84.81% untuk siswa kelas besar. Sedangkan hasil analisis berdasarkan perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dihitung menggunakan Uji t (t test) diperoleh nilai thitung 1 774 pada taraf signifikansi 945 0 05 dengan db 28 diperoleh ttabel 1 701 sehingga nilai thitung ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran modul praktikum kimia berbasis multimedia komputer ini sangat valid dan layak untuk digunakan serta tidak dibutuhkan revisi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 17 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45824 |
Actions (login required)
View Item |