Pratama, Aditya Imam (2013) Pengembangan media pembelajaran berbasis WEB dinamis pada mata pelajaran produktif program keahlian teknologi komputer dan jaringan / Aditya Imam Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci media pembelajaran web dinamis teknologi komputer dan jaringan Pemerintah berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan teknologi (TIK) pada proses pembelajaran dengan cara menetapkan Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 dan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007. Salah satu bentuk pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran adalah e-learning. E-learning sebagai sarana atau wahana penyaji isi bahan pembelajaran dengan menggunakan perangkat komputer terbukti mampu meningkatkan efektifitas pembelajaran. Salah satu media e-learning yang merupakan integrasi TIK ke dalam proses pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran berbasis web dinamis. Web dinamis merupakan representasi suatu paradigma baru mengenai pembelajaran terutama bagaimana pembelajaran diorganisasikan dan disajikan. Pemanfaatan web dinamis sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran produktif SMK Negeri 2 Singosari terutama pada program keahlian Teknologi Komputer dan Jaringan (TKJ) masih belum ada. Guru mata pelajaran produktif program keahlian TKJ di SMK Negeri 2 Singosari mengharapkan sistem pembelajaran yang memanfaatkan kelebihan dari web dinamis. Pengembangan web dinamis di SMK Negeri 2 Singosari diharapkan mampu mendukung proses pembelajaran agar menjadi efektif dan mendukung kemandirian siswa dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis web dinamis dikembangkan dengan menggunakan Metode Penelitian dan Pengembangan menurut Sadiman yang telah dimodifikasi oleh peneliti. Uji coba dilakukan dengan menggunakan evaluasi formatif berdasarkan Sadiman dkk dimana terdapat 3 tahap yaitu uji perorangan (validasi ahli materi ahli media 3 orang siswa) uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Angket yang digunakan dalam penelitian validitas media pembelajaran yang dikembangkan mengadopsi dari Wahono. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan didapat persentase hasil validasi oleh ahli media sebesar 87% hasil validasi oleh ahli materi sebesar 87% hasil uji coba perorangan ke siswa sebesar 89% hasil uji coba kelompok kecil sebesar 84% dan hasil uji coba lapangan sebesar 86%. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web dinamis yang dikembangkan secara keseluruhan dinyatakan layak/valid. Media pembelajaran berbasis web dinamis yang telah dikembangkan memiliki kelebihan yaitu maintainable usabilitas tinggi dikembangkan dengan software yang unggul terpadu dan mudah dipelajari mudah dieksekusi kompabilitas mudah terpenuhi dokumentasi lengkap dan penyajian materi didasarkan pada teori elaboratif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/45815 |
Actions (login required)
View Item |