Studi penerapan metode Hanifida dalam pembelajaran sejarah kelas VII di MTs Al-Qur'an la Raiba Hanifida Jombang / Akhmad Fikri Nabili - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi penerapan metode Hanifida dalam pembelajaran sejarah kelas VII di MTs Al-Qur'an la Raiba Hanifida Jombang / Akhmad Fikri Nabili

Nabili, Akhmad Fikri (2013) Studi penerapan metode Hanifida dalam pembelajaran sejarah kelas VII di MTs Al-Qur'an la Raiba Hanifida Jombang / Akhmad Fikri Nabili. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nabili Akhmad Fikri. 2013. Study Kasus Penerapan Metode Hanifida Dalam Pembelajaran Sejarah Kelas VII di MTs Al-Qur an La Raiba Hanifida Jombang. Skripsi. Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari M.Pd M.Ed dan (II) Drs. Zainul Abidin M.Pd da. Kata Kunci Penerapan Metode Hanifida Pembelajaran Sejarah. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat berbagai factor penentu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ideal. Diantaranya adalah factor penentuan metode yang tepat untuk pembelajaran. Dalam kontekts ini peneliti mengangkat bahasan mengenai metode hanifida yang mana metode hanifida lebih dikenal dengan label menghafal cepat namun yang menjadi menarik untuk dibahas adalah metode hanifida yang sebelumnya hanya diterapkan dalam training menghafal cepat asma ul husna dan Al-Qur an kini diterapkan pada pembelajaran umum di sekolah La Raiba Hanifida termasuk pelajaran sejarah. Dalam penelitian ini lebih dikhususkan kepadapembelejaran sejarah. Sedangkan pembelajaran sejarah idealnya tidak cukup jika hanya diajarkan melalui hafalan saja namun peserta didik juga harus memahami makna yang terkandung dalam catatan sejarah itu sendiri. Fokus Penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran sejarah berlangsung menggunakan metode hanifida dan bagaimana guru mengadaptasikan pelajaran sejarah terhadap metode hanifida dengan tetap menekankan nilai-nilai didalamnya. Penelitian ini mencakup aspek perencanaan pelaksanaan kendala dan evaluasi terkait penerapan metode hanifida dalam pembelajaran sejarah. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dan kehadiran peneliti adalah sebagai instrumen penelitian. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2013 di MTs Al-Qur an La Raiba Hanifida Jombang. Sumber datanya adalah Kepala Sekolah Waka Kurikulum dan guru mata pelajaran sejarah. Teknik yang digunakan yaitu (1) observasi (2) wawancara dan (3) studi dokumenter. Analisis data dimulai dari reduksi data kemudian penyajian data dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Dari hasil penelitian tahap perencanaan pembelajaran dipengaruhi kebijakan sekolah yang menggunakkan konsep akselerasi learning yang meliputi tiga hal yakni speed reading mind maping dan menghafal cepat yang mana konsep tersebut adalah bentuk penyesuaian dan untuk mengakomodir penerapan metode hanifida dari pelatihan kepada penerapan di sekolah. Oleh karena itu guru diwajibakan mengikuti training yang diselenggarakan sekolah untuk menunjang kemampuan guru dalam mengajar menggunakan metode hanifida. Tahap pelaksanaan guru melaksanakan pembelajaran dengan tiga tahap pendahuluan inti dan penutup. Guru menerapkan pembelajaran sesuai konsep akselerasi learning yang merupakan kebijakan sekolah dan keharusan untuk guru dalam pembelajaran guru juga menekankan makna-makna yang terkandung dalam materi sejarah. Adapun pola pelaksanaannya adalah yakni speed reading dilaksanakan pada setiap pertemuan sedangkan menulis kreatif atau mind maping dilaksanakan setiap pertemuan akhir bab baru setelah itu dari konsep mind maping yang dibuat siswa kemudian dibuat menjadi konsep hafalan cepat sesuai metode hanifida. Kendala yang dihadapi guru adalah durasi jam pelajaran terlalu pendek sehingga penerapan metode hanifida dan akselerasi learning tidak bisa dilakukan dalam sekali waktu atau sekali pertemuan melainkan dilakukan secara bertahap serta guru dituntut selalu kreatif dalam mempersiapkan pembelajaran per-pertemuannya. MTs Al-Qur an La Raiba Hanifida menggunakan sistem evaluasi dari kurikulum nasional seperti UTS dan UAS. Adapun yang membedakan adalah konsep penialaian MTs Al Qur an La Raiba Hanifida yakni digunakannya landasan multiple intelejence sebagai dasar konsep penilaian semua mata pelajaran termasuk pembelajaran sejarah. Selain itu untuk menunjang ketercapaian pembelajaran dan mengatasi kendala-kendala guru dalam penerapan metode hanifida di kelas maka sekolah membuat program berupa forum guru yang mana dalam forum tersebut digunakan sebagai media pemecahan masalah atas kendala guru dalam mengadaptasi materi-materi tertentu terhadap pembelajaran sejarah. Namun dari hasil pembelajaran yang dilakukan selama ini menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah justru sangat cocok jika diterapkan menggunakan metode hanifida.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/444

Actions (login required)

View Item View Item