Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran RICOSRE dan Problem Based Learning Terhadap Self-efficacy dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran RICOSRE dan Problem Based Learning Terhadap Self-efficacy dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA

Azzahra, Widyarti (2023) Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran RICOSRE dan Problem Based Learning Terhadap Self-efficacy dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan zaman yang begitu pesat berdampak pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus mampu diantisipasi oleh dunia pendidikan. Agar mampu mempersiapkan generasi yang siap dan adaptif dalam menjawab tantangan baru di era 4.0 peserta didik harus dibekali dengan daya juang yang tinggi seperti semangat dan optimisme yang besar dan juga pengembangan potensi dan kemampuan yang ada dalam diri peserta didik, khususnya self efficacy. Self efficacy merupakan keyakinan terhadap kemampuan diri dalam melaksanakan tugas dan mencapai tujuan. Keyakinan ini menentukan bagaimana seseorang merasa, berpikir dan berperilaku. Self efficacy sangat penting dalam lingkup pendidikan karena dapat mempengaruhi proses kognitif, motivasi, tindakan dan prestasi. Self-efficacy mempengaruhi aktivitas, usaha, ketekunan, pencapaian, pengaturan diri, motivasi serta prestasi. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan self-efficacy siswa SMA yang dibelajarkan dengan model RICOSRE dan model PBL pada pembelajaran biologi; (2) untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa SMA yang dibelajarkan dengan model RICOSRE dan model PBL pada pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini merupakan Quasy-Experiment dengan desain Pretest-posttest non-equivalent control group design. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN1 Singosari Kab. Malang yang terdiri dari 7 kelas. Tiga kelas terpilih yaitu X MIPA B sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model RICORE, X MIPA A sebagai kelas kontrol positif yang dibelajarkan dengan model PBL, dan X MIPA D sebagai kelas kontrol negatif yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen untuk mengukur self-efficacy menggunakan angket dari Gafoor & Ashraf (2007) dengan skala likert, sedangkan hasil belajar kognitif menggunakan soal bentuk uraian yang dilengkapi dengan rubrik penskoran. Hasil penelitian yang diperoleh diuji menggunakan One-Way ANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan self-efficacy antara kelas yang dibelajarkan dengan RICOSRE dengan rerata terkoreksi 85,70, PBL 79,38 dan pembelajaran konvensional 77,08 di kelas X SMAN 1 Singosari pada pembelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan RICOSRE lebih baik dalam meningkatkan self-efficacy siswa dibandingkan dengan PBL dan pembelajaran konvensional; (2) ada perbedaan hasil belajar kognitif antara kelas yang dibelajarkan dengan RICOSRE dengan rerata terkoreksi 83,94, PBL 79,11 dan pembelajaran konvensional 77,08 di kelas X SMAN 1 Singosari pada pembelajaran biologi. Hasil penelitian menunjukkan RICOSRE lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan PBL dan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian, maka RICOSRE lebih baik dalam meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar kognitif siswa sehingga dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Artikel Pustakawan
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 25 Sep 2023 01:39
Last Modified: 25 Sep 2023 01:39
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/4358

Actions (login required)

View Item View Item