Perbedaan prestasi hasil belajar siswa antara penggunaan media Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan media buku manual/gambar pada mata diklat teori overhoul kepala silinder kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK Ma'arif Kota Batu / Achmad Didin Purwanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan prestasi hasil belajar siswa antara penggunaan media Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan media buku manual/gambar pada mata diklat teori overhoul kepala silinder kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK Ma'arif Kota Batu / Achmad Didin Purwanto

Purwanto, Achmad Didin (2013) Perbedaan prestasi hasil belajar siswa antara penggunaan media Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan media buku manual/gambar pada mata diklat teori overhoul kepala silinder kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor di SMK Ma'arif Kota Batu / Achmad Didin Purwanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Purwanto Achmad Didin. 2012. Perbedaan Prestasi Hasil Belajar Siswa Antara Penggunaan Media Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Media Buku Manual/Gambar Pada Mata Diklat Melaksanakan Overhoul Kepala Silinder Kelas X Teknik Sepeda Motor di SMK Ma arif Kota Batu. Skripsi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Partono M. Pd (II) Dra. Anny Martiningsih M. Kes. Kata Kunci media Buku Sekolah Elektronik (BSE) Media Buku Manual/Gambar hasil belajar Model pembelajaran yang diterapkan di SMK Ma arif Kota Batu pada umumnya menggunakan metode konvensional dengan media pembelajaran yang digunakan adalah buku manual media gambar dari modul ataupun buku paket. Peneliti mencoba menyuguhkan media BSE sebagai alternatif lain dalam melaksanakan pembelajaran melaksanakan overhoul kepala silinder dengan harapan siswa dapat memahami materi sehingga meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar antara kelas yang diajar dengan metode konvensional berbantuan buku paket atau buku manual dan kelas siswa yang diajar dengan media buku sekolah elektronik (BSE). Juga untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar antara keduanya. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu (PreExperimental Design).Terdapat 20 subjek kelompok eksperimen (KE) dan 20 subjek kelompok kontrol (KK) yang dikelompokkan menggunakan metode purposive sampling. Hasil belajar diambil dari hasil pre test dan post test. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Uji t (T Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional yakni 63.00. Rata rata skor hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media BSE yakni 72.50. Perbedaan antara dua kelompok perlakuan dianalisis menggunakan analisis Independent Samples T Test dengan 945 0 05. Dari perhitungan dengan Software SPSS 16.0 for Windows didapatkan Probabilitas (Sig.2 tailed) 0 001. Berarti ada perbedaan hasil belajar mata diklat melaksanakan overhoul kepala silinder antara kelompok siswa yang diajar menggunakan media BSE dan kelompok siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Penggunaan media BSE berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi tentang melaksanakan overhoul kepala silinder. Media BSE mampu membantu siswa dalam mengembangkan daya nalar mereka terhadap penjelasan fungsi komponen serta cara kerja pada mesin kepala silinder. Saran dari hasil penelitian ini adalah penggunaan media BSE sebagai alternatif media pembelajaran khususnya pada mata diklat melaksanakan overhoul kepala silinder dan juga mata diklat lain yang memerlukan penalaran tinggi. Bagi peneliti lain disarankan menggunakan media lain pada kompetensi yang berbeda dengan jumlah subjek yang lebih besar lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43239

Actions (login required)

View Item View Item