Afandi, Sureh (2013) Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran pengelasan pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Trenggalek / Sureh Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Afandi Sureh.2013.Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Pengelasan Pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Negeri 1 Trenggalek. Pembimbing (I) Drs. Partono M.Pd. (II) Drs. Paryono S.T. M.T. Kata Kunci Persepsi Siswa Pelaksanaan Pembelajaran. Setiap guru dalam pelaksanaan pembelajaranya tidak sama hal itu yang di terima langsung oleh siswa setiap kali pembelajaran oleh karena itu membuat siswa dapat di katakan memiliki pendapat berbeda-beda terhadap pelaksanaan pembelajaran khususnya mata pelajaran produktif. Dari situ membuat persepsi siswa dalam susunan pelaksanaan pembelajaran jadi berbeda karena mengakibatkan sulitnya menangkap materi pelajaran khususnya bidang produktif. Penelitian ini termasuk dalam bentuk penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif digunakan karena penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran pengelasan pada program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan kelas X SMKN 1 Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Analisis data yang digunakan yaitu teknik Tendensi Sentral yang meliputi mean median modus. Pada rancangan penelitian digunakan di kelas sampel yang ada di kelas X Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Persepsi siswa pada indikator apersepsi kegiatan pra KBM rata-rata mempunyai persepsi yang baik dengan nilai Mean 70.0000 Median 71.0000 dan Modus 73.00. Persepsi siswa pada kegiatan inti PBM rata-rata mempunyai persepsi yang cukup dengan nilai Mean 61.9286 Median 60.5000 dan Modus 59.00. Persepsi siswa pada kegiatan evaluasi KBM rata- rata mempunyai persepsi yang cukup dengan nilai Mean 58.1429 Median 59.5000 dan Modus 60.00. Melihat persepsi siswa pelaksanaan pembelajaran peneliti menyarankan sekolah- sekolah khususnya sekolahan kejuruan (SMK) hendaknya selalu memperhatikan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran produktif khususnya mata pelajaran pengelasan yang belangsung di sekolah dan lebih mengembangkan pembelajaran yang berlangsung disekolah agar menjadi lebih baik dengan mengadakan workshop dan seminar atau untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43236 |
Actions (login required)
View Item |