Kusuma, Andhika Wahyuono Indra (2013) Hubungan persepsi siswa tentang fasilitas dan ruang bengkel otomotif dengan hasil belajar tune up siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMKN Bandung Tulungagung / Andhika Wahyuono Indra Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Hubungan persepsi siswa tentang fasilitas dan ruang bengkel hasil belajar. Fasilitasbengkel adalahsarana yang mendukungsecaralangsungterhadapkelancaran proses pembelajaran. Ruang bengkel merupakan keadaan dan suasanabelajarbaik yang berada didalam maupun diluar bengkel yang berperan terhadap kelancaran proses pembelajaran sepert cahaya atau penerangan tata ruang kebersihan ruang dan kenyamanan di ruang bengkel. Dalam menempuh praktikum atau pembelajaran dibutuhkan fasilitas dan kondisi yang standar untuk mendukung siswa agar dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi (1) bagaimanapersepsisiswatentangfasilitasbelajarbengkelotomotiftuneup (2) bagaimanapersepsisiswatentangruangbengkelotomotiftuneup (3) bagaimanahasilbelajartuneup siswa (4) apakahadahubunganpersepsisiswatentangfasilitasbengkelotomotif denganruangbengkelotomotifterhadaphasilbelajartuneup siswa. Penelitian deskriptif korelasional ini menggunakan sampel 37 siswa diambil 20% secara random sampling dari jumlah populasi 184 siswa kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Negeri Bandung Tulungagung. Pengambilan data menggunakan metode kuesioner untuk variabel fasilitas dan ruang bengkel dan metode dokumentasi untuk hasil belajar tune up siswa. Untuk instrumen kuesioner dilakukan uji validitas menggunakan analisis korelasi product moment. Untuk uji reliabilitas digunakan analisis alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas uji multikolinearitas uji heteroskedastisitas uji autokorelasi. Untuk uji hipotesis digunakan analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1)fasilitasbengkelotomotif tune up siswakelas XI TKR SMKN Bandung Tulungagungtermasukdalamkategorisangatbaik sehinggadapatdikatakansesuaidengan BSNP (2)ruangbengkelotomotif tune up siswakelas XI TKR SMKN Bandung Tulungagungtermasukdalamkategoritinggisehinggadapatdikatakansesuaidengan BSNP (3)hasilbelajarmatadiklat tune up tinggi (4)ada hubunganpersepsisiswatentangfasilitasbengkelotomotifdanruangbengkelotomotifterhadaphasilbelajar Tune Up siswakelas XI TeknikKendaraanRinganSMKN Bandung Tulungagung. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah (1)sekolah mempertahankanfasilitasbengkelterutamapadapraktikumtune up yang sudahsesuaidengan BSNP maupunpraktikum yang lainkarenasangatberperanpentingdalamupayameningkatkanhasilbelajarsiswa. (2)guru matadiklat tune up mempertahankanfasilitasbengkelterutamapadapraktikumtune up yang sudahsesuaidengan BSNP maupunpraktikum yang lainkarenasangatberperanpentingdalamupayameningkatkanhasilbelajarsiswa. (3)siswadapatmenggunakanfasilitasdanmemanfaatkanruangbengkeldenganbaiksesuaidengan SOP danstandart BSNP yang telah di tentukansehinggatidakmerusakfasilitasmaupunruangbengkel di SMKN Bandung Tulungagung (4) penelitilain diharapkanuntukmengambilbeberapasempeldaribeberapasekolah yang memelikifasilitasdankondisi yang berbedauntukdapatdijadikanperbandinganantarsekolah
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43215 |
Actions (login required)
View Item |