Pengaruh penggunaan bahan bakar premium, pertamax plus dan LPG terhadap emisi gas buang dan daya pada motor bensin / Komarudin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan bahan bakar premium, pertamax plus dan LPG terhadap emisi gas buang dan daya pada motor bensin / Komarudin

Komarudin (2013) Pengaruh penggunaan bahan bakar premium, pertamax plus dan LPG terhadap emisi gas buang dan daya pada motor bensin / Komarudin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Komarudin. 2013. Pengaruh Penggunaan Premium Pertamax Plus dan LPG Terhadap Emisi Gas Buang dan Daya pada Motor Bensin. Pembimbing (1) Prof. Dr. Marji M. Kes. (2) Drs. Paryono S.T. M. T. Kata kunci HC CO Daya. 12288 12288 12288 12288 Manusia membutuhkan oksigen yang bersih tanpa tercemar dengan gas-gas yang dapat membahayakan bagi kesehatan mereka. Seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat rasanya sulit untuk menghirup udara yang bersih. Di Jakarta kendaraan bermotor memberikan kontribusi pencemaran CO sebesar 98 80% NOx sebesar 73 40% dan HC sebesar 88 90% Kepolisian mencatat pada tahun 2012 jumlah dari mobil penumpang ada 8.8 juta Bis 2.2 juta Truk 4.6juta Sepeda motor 61.juta dan total keseluruhan ada 76.9 juta. Permasalahan mulai timbul terkait pertambahan kendaraan bermotor yang semakin lama semakin betambah banyak pertambahan populasi kendaraan akan menimbulkan masalah mulai dari permasalahan macet meningkatnya angka kecelakaan dan polusi udara. Beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk mengurangi emisi diantaranya dengan memaksimalkan pembakaran dan membakar ulang (re-burn) gas sisa pembakaran. Selain cara itu upaya lain untuk mengurangi emisi gas buang dengan menggunakan LPG. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini ditujukan untuk menemukan adanya pengaruh penggunaan LPG terhadap emisi gas buang khususnya CO dan HC serta performa daya yang dihasilkan LPG jika dibandingkan dengan bahan bakar premium dan pertamax plus. Jenis penelitian merupakan penelitian eksperimen yang bertempat di Pusdiklat Suzuki UM dengan teknik analisis data menggunakan ANOVA Howell Kruskal Wallis Mann-Whitney dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas Kolmogorov-Smirnov dan Homogenitas Levene. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan pada putaran 1500 rata-rata kadar CO untuk premium sebesar 0 458% pertamax plus 1 1240% LPG 2 8320%. Rata-rata gan CO pada putaran 3000 premium 1 38% pertamax plus 1 59% CO LPG 0 13%. Rata-rata CO pada putaran 5000 rpm premium pertamax plus dan LPG 1.62% 0.66% dan 0 20%.Rata-rata HC pada putaran 1500 rpm premium pertamax plus dan LPG adalah 224.4 ppm 136.6 ppm 413.6 ppm.Pada putaran 5000 kadar HC premium pertamax plus dan LPG adalah 259.2 ppm 105.6 ppm 429.5 ppm. Daya pertamax plus dan LPG pada putaran 1500 sebesar 0.07 HP 0.102 HP 0.176 HP . daya premium daya pertamax plus dan LPG pada putaran 3000 sebesar 0.72 HP 0.84 HP 0.045 HP. pada putaran 5000 sebesar 2.49 HP 2.49 HP 1 944 HP. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa 1) ada perbedaan pengaruh kandungan CO. 2) ada pengaruh terhadap HC. 3). Tidak ada perngaruh daya saat menggunakan LPG Hasil dalam penelitian dapat dijadikan salah satu referensi ilmu pengetahuan dalam kajian tentang CO dan HC. Dapat dipakai sebagai upaya pengembangan usaha untuk menurunkan emisi gas buang.Namun perlu dilakukan penelitian lebih spesifik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/43214

Actions (login required)

View Item View Item