Fauzi, Achmad (2013) Hubungan antara persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dan kedisiplinan belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran produktif siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Gedangan Kabupaten Malang / Achmad Fauzi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Persepsi siswa terhadap perhatian orang tua Kedisiplinan belajar dan Prestasi belajar. Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi generasi muda untuk membentuk karakter peran dari orang tua siswa diharapkan dapat memberi perhatian terhadap belajar anaknya seperti melengkapi fasilitas belajar membantu kegiatan belajar dan membantu menyelesaikan kesulitan belajar anaknya sehingga akan meningkatkan semangat belajar anak di sekolah maupun di rumah kedisiplinan belajar siswa yang tinggi juga dipengaruhi oleh perhatian dari orang tua. Salah satu faktor yang mendukung agar memperoleh prestasi belajar yang baik didukung oleh kedisiplinan belajar yang tinggi. Melalui perhatian orang tua terhadap belajar anaknya dan kedisiplinan belajar siswa yang tinggi akan membuat prestasi belajar anak semakin baik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI teknik kendaraan ringan di SMKN 1 Gedangan Kabupaten Malang dengan tujuan (1) Mengetahui hubungan secara langsung tidak langsung dan besarnya kontribusi antara Persepsi siswa terhadap perhatian dari orang tua dan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar mata pelajaran produktif (2) Mengetahui variabel sisa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional (analisis jalur). Subyek dalam penelitian ini sebanyak 45 siswa pengambilan data yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) Siswa memiliki perhatian yang tinggi dari orang tua masing-masing (2) Kedisiplinan belajar yang tinggi (3) Prestasi belajar mata pelajaran produktif yang baik (4) Ada hubungan yang signifikan dan berkontribusi antara Persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan Prestasi belajar sebesar 0 405 atau 16 40% (5) Ada hubungan yang signifikan dan berkontribusi antara Kedisiplinan belajar dengan Prestasi belajar sebesar 0 561 atau 31 47% (6) Ada hubungan yang signifikan dan berkontribusi antara Persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan Kedisiplinan belajar sebesar 0 720 atau 51 84% (7) Ada hubungan secara tidak langsung yang signifikan dan berkontribusi antara Persepsi siswa terhadap perhatian orang tua dengan Prestasi belajar melalui Kedisiplinan belajar siswa sebesar 0 8089 atau 80 89% (8) Variabel sisa untuk Kedisiplinan belajar ( 961 ye1) sebesar 0 28 atau 28% dan (9) Variabel sisa untuk Prestasi belajar siswa ( 961 ye2) sebesar 0 194 atau 19 4%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 May 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43203 |
Actions (login required)
View Item |