Yohana (2013) Pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar dalam menunjang hasil belajar siswa di SMK PGRI 1 Mejayan Kabupaten Madiun / Yohana Hartriningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci internet sumber belajar hasil belajar SMK merupakan lembaga pendidikan yang dituntut untuk selalu aktif melakukan pembaharuan dalam mengimbangi kebutuhan dunia kerja. Salah satu usaha dalam mewujudkan hal itu adalah dengan mengembangkan sistem pembelajaran berbasis IT salah satunya adalah memanfaatkan media internet sebagai sumber belajar siswa. Tidak mudah memaksimalkan pembelajaran dengan memanfaatkan internet selain media sosial yang sering mengalihkan perhatian siswa ketidak siapan guru serta ketersediaan media akses menjadi hal yang menghambat maksimalnya penggunaan internet sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar siswa. SMK PGRI 1 Mejayan dipilih sebagai tempat penelitian karena letak sekolah itu yang jauh dari pusat kota berkembang dan siswanya berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah kebawah. Nilai mata pelajaran Menggunakan Alat Ukur Mekanika Presisi dipilih sebagai nilai patokan pada penelitian ini karena pelajaran ini mempunyai 3 aspek penilaian yaitu (1) kognitif (2) psikomotor (3) afektif. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 1 Mejayan Kabupaten Madiun pada kelas X program keahlian Teknik Mesin. Rancangan penelitian ini menggunakan teknik populasi dengan melibatkan 55 siswa kelas X program keahlian Teknik Mesin. Instrumen yang digunakan berupa angket dan dokumentasi. Rancangan penelitian menggunakan teknik deskriptif dan analisis Pearson Correlation. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) 47 09% sampel berada pada kategori cukup dalam memanfaatkan media internet sebagai sumber belajarnya (2) 56 36 % sampel berada pada kategori cukup hasil belajarnya (3) pemanfaatan media internet sebagai sumber belajar mempunyai hubungan positif dan signifikan sehingga semakin sering siswa menggunakan internet sebagai sumber belajarnya semakin meningkat pula hasil belajarnya dan (4) faktor penghambat siswa dalam memanfaatkan media internet yang paling dominan adalah lemahnya penguasaan bahasa inggris dan takut media mereka terkena virus atau hecker. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) agar guru selalu memotivasi siswa untuk menggunakan internet sebagai sumber belajarnya dalam menggali informasi-informasi terbaru dalam pembelajarannya dan (2) bagi siswa hendaknya lebih aktif lagi dalam menggunkan media internet sebagai media belajarnya dan selalu aktif bertanya pada guru tentang kebenaran informasi yang dia peroleh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/43104 |
Actions (login required)
View Item |