Pengembangan media video tata cara pengurusan jenazah untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMAN 3 Kota Probolinggo / Hendra Andriyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video tata cara pengurusan jenazah untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMAN 3 Kota Probolinggo / Hendra Andriyanto

Andriyanto, Hendra (2013) Pengembangan media video tata cara pengurusan jenazah untuk mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI SMAN 3 Kota Probolinggo / Hendra Andriyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriyanto Hendra. 2013.Pengembangan Media Video Tata Cara Pengurusan Jenazah Untuk Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 3 Kota Probolinggo Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Saida Ulfa M.Edu Ph.D. (II)Arafah Husna S.pd M.Med.Kom Kata kunci Pembelajaran Media Video Tata Cara Pengurusan Jenazah Berdasarkan pengamatan di SMAN 3 Kota Probolinggo mengenai pembelajaran pendidikan agama islam tentang tata cara pengurusan jenazah yang bersifat prosedural psikomotorik yang bertujuan memberikan pengalaman belajar kepada siswa dengan cara praktik. Sedangkan guru dalam menerangkan materi pelajaran kepada siswa dengan menggunakan metode ceramah dan penggunaan buku teks cetak yang minim pemaparan gambar secara detail tentang pelaksanaan tata cara pengurusan jenazah. Hal tersebut menyebabkan siswa merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga diperlukan media video bisa menyampaikan materi secara secara audio visual gerak dengan jarak jangkauan yang sesuai dengan pembelajaran didalam kelas. Tujuan pengembangan adalah untuk menghasilkan media video pembelajaran dalam bentuk kepingan CD dan menguji tingkat kelayakan dari media video sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam tentang tata cara pengurusan jenazah Penelitian ini menggunakan model pengembangan Arief Sadiman yang telah dimodifikasi sebagai berikut (1) menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa (2) Merumuskan tujuan instruksional (3) Merumuskan materi secara terperinci (4) Mengembangkan alat pengukur keberhasilan (5) Menulis naskah media (6) Produksi dan (7) Mengadakan tes dan revisi. Subyek uji coba pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 3 Kota Probolinggo. Pengembangan media video pembelajaran ini di validasikan oleh ahli materi ahli media yaitu guru yang mengajar pendidikan agama islam uji coba perorangan sebanyak 2 siswa uji kelompok kecil sebanyak 10 siswa dan uji coba kelompok besar atau lapangan sebanyak 18 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media video pembelajaran ini dinyatakan valid/layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tentang tata cara pengurusan jenazah. Hal ini ditunjukkan dengan hasil perhitungan angket ahli media 87% ahli materi 97 5% uji coba perorangan 90% uji coba kelompok kecil 90% dan uji coba kelompok lapangan 90 41%. Saran produk adalah model jenazah yang digunakan dalam pembuatan video berikutnya sebaiknya menggunakan model atau peran yang mampu menguasai materi. Karena dalam pembuatan ini sering mengulang ulang proses produksi. Saran pemanfaatan untuk guru mata pelajaran adalah diharapkan guru dapat menerapkan media sesuai dengan petunjuk pemanfaatan yang ada. Sedangkan bagi siswa adalah pada saat guru menjelaskan petunjuk pemanfaatan diharapkan betul betul menekankan inti dari kegiatan sehinga siswa betul betul memperhatikan dan saran pengembang berikutnya agar mengembangkan video pembelajaran untuk mata pelajaran lain yang bersifat prosedural jenis psikomotorik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item