Pengaruh variasi temperatur carburizing terhadap tingkat kekerasan dan kedalaman difusi karbon pada baja ST 41 dengan metode pack carburizing / Chandra Wahyu Pratama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh variasi temperatur carburizing terhadap tingkat kekerasan dan kedalaman difusi karbon pada baja ST 41 dengan metode pack carburizing / Chandra Wahyu Pratama

Pratama, Chandra Wahyu (2013) Pengaruh variasi temperatur carburizing terhadap tingkat kekerasan dan kedalaman difusi karbon pada baja ST 41 dengan metode pack carburizing / Chandra Wahyu Pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Variasi temperatur baja St 41 pack carburizing quenching. Mengingat permintaan pasar yang terus menuntut bahan yang lebih kuat dan keras maka perlu kiranya diadakan penelitian terhadap pengaruh variasi temperatur terhadap tingkat kekerasan pada baja St 41 dengan metode pack carburizing agar dapat menghasilkan baja yang lebih keras dan kuat untuk memenuhi permintaan pasar. Diharapkan nantinya waktu yang dibutuhkan untuk produksi bisa lebih singkat dengan adanya variasi temperatur carburizing. Pack carburizing adalah salah satu metoda yang digunakan untuk menambah kandungan karbon didalam baja dengan menggunakan media padat. Pemanasan yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan variasi temperatur 900 C 950 C dan 1000 C dengan penahanan waktu pemananasan (holding time) 60 menit. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh variasi temperatur carburizing terhadap tingkat kekerasan baja St 41 dengan metode pack carburizing. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Sedangkan desain penelitiannya adalah penelitian eksperimental yang dilakukan di laboratorium. Teknik analisis data menggunakan analisis one way anova. Analisis statistik tersebut digunakan untuk pengujian dan membuktikan hipotesis. Objek penelitian ini adalah baja St 41 yang kemudian diberi perlakuan yakni pack carburizing dengan variasi temperatur carburizing dan kemudian diquenching. Hasil penelitian rata-rata kekerasan tertinggi diperoleh pada temperatur 10000 C sebesar 1427 8 HV pada temperatur 9500 C sebesar 1143 5 HV dan kekerasan terendah diperoleh pada temperatur 9000 C sebesar 1039 2 HV. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai kekerasan permukaan pada baja St 41 antara sebelum dan setelah mengalami proses pack carburizing dengan variasi temperatur sehingga dapat disimpulkan bahwa variasi temperatur pada proses pack carburizing dan quenching berpengaruh terhadap tingkat kekerasan permukaan pada baja St 41. Kekerasan permukaan baja akan meningkat seiring bertambahnya temperatur proses pack carburizing pada baja St 41.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/42355

Actions (login required)

View Item View Item