Pujianto, Catur (2013) Hubungan persepsi siswa tentang kepribadian dan ketrampilan mengajar guru dengan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Purwosari Kabupaten Bojonegoro / Catur Pujianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kepribadian Ketrampilan mengajar Guru dan Prestasi Belajar Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepradian guru dengan prestasi belajar ketrampilan mengajar guru dengan prestasi belajar dan kepribadian dan ketrampilan mengajar guru dengan prestasi belajar pada kompetensi kejuruan teknik kendaraan ringan SMKN 1 Purwosari Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan populasinya adalah seluruh siswa kelas X TKR SMKN 1 Purwosari kabupaten bojonegoro. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Pengujian angket menggunakan uji validitas dengan r tabel 4 00. Analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji t dan uji F pada taraf signifikansi 0 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian guru berpengaruh secara positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada kempotensi kejuruan memahami dasar-dasar mesin hal ini dapat dilihat dari t hitung 6 532 t tabel 1.991. Ketrampilan mengajar guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa yang dilihat dari hasi t hitung 6 912 t tabel 1.991 secara simultan kepribadian dan ketrampilan mengajar guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan hasil F hitung 52 991 F tabel 3 115. Selain itu diperoleh R Square sebesar 0 579 yang artinya secara simultan kepribadian dan ketrampilan mengajar guru berpengaruh sebesar 57 9% terhadap prestasi belajar siswa kelas X TKR pada kompetensi kejuruan memahami dasar-dasar mesin. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa adalah variabel ketrampilan mengajar guru. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik kepribadian dan ketrampilan mengajar guru baik secara individu maupun secara simultan akan diikuti oleh semakin meningkatnya prestasi belajar siswa pada kompetensi kejuruan memahami dasar-dasar mesin. Disarankan kepada para peneliti selanjutnya dengan kasus serupa agar mengembangkan variabel-variabel penelitian yang bervariasi yang diharapkan dapat mengungkap lebih banyak permasalahan dan memberikan hasil temuan penelitian yang lebih berarti serta memperluas wilayah populasi dan menggunakan teknik pengumpulan data yang bervariasi agar hasil penelitian lebih akurat dan objektif.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/42353 |
Actions (login required)
View Item |