Pengembangan media video pembelajaran penatalaksanaan atonia uteri Jurusan Kebidanan di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang / Hellen Sungging Hasthagina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran penatalaksanaan atonia uteri Jurusan Kebidanan di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang / Hellen Sungging Hasthagina

Hasthagina, Hellen Sungging (2013) Pengembangan media video pembelajaran penatalaksanaan atonia uteri Jurusan Kebidanan di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang / Hellen Sungging Hasthagina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan video pembelajaran penatalaksanaan atonia uteri Media merupakan salah satu bagian dari sistem pembelajaran bahkan media dapat dikatakan sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran. Media video merupakan media informasi yang menarik. Penggunaan media video dalam proses belajar akan mampu mengarahkan terjadinya respon tertentu dari peserta didik sesuai dengan yang diharapkan.Video pembelajaran penatalaksanaan atonia uteri adalah video yang berisi tentang penanganan pendarahan pasca persalinan dengan tindakan penatalaksanaan atonia uteri yaitu kompresi bimanual interna kompresi bimanual eksterna kompresi aorta abdominalis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran penatalaksanaan atonia uteri dan melaksanakan validasi produk hasil rancangan media video pembelajaran penatalaksanaan atonia uteri dan mengetahui kelayakan produk hasil media video Penatalaksanaan Atonia Uteri di Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Malang Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Model pengembangan ini menggunakan beberapa proses yaitu tahap pra produksi tahap produksi dan tahap pasca produksi. Data penelitian yang berupa prosentase hasil dari responden yang diberikan oleh ahli media ahli materi dan audiens setelah melihat video pembelajaran. Saran yang diberikan untuk media video pembelajaran ini banyak diperoleh dari audiens sebagian audiens memberikan saran yaitu teks dalam video yang ditanyangkan durasinya terlalu cepat sehingga kesulitan memahami isi teks namun keseluruhan isi video sudah bagus secara audiovisual dan sudah sesuai dengan urutan materi. Dalam hal ini pengembang melakukan perbaikan durasi teks yang terlalu cepat menjadi durasi teks yang sedang agar mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami isi teks yang ditampilkan dalam media video pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa simpulan hasil pengembangan sebagai berikut. Pertama hasil validasi dari ahli media adalah menyebutkan bahwa media video pembelajaran ini 100 % dalam kriteria valid atau di kualifikasi layak digunalan untuk proses pembelajaran kedua menurut hasil validasi ahli materi menyebutkan bahwa media video pembelajaran ini 97 5% valid ii atau di kualifikasi layak digunakan untuk proses pembelajaran dan ketiga berdasarkan angket dari audiens diperoleh hasil uji coba siswa satu lawan satu diperoleh 96 25% valid atau kualifikasi Layak digunakan untuk proses pembelajaran uji coba audiens/ siswa kelompok kecil diperoleh 97 08% valid atau kualifikasi Layak digunakan untuk proses pembelajaran dan siswa kelas klasikal diperoleh 90 27% valid atau kualifikasi Layak digunakan untuk proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengembangan ini dapat disarankan sebagai berikut (1) Bagi mahasiswa dalam menggunakan media video pembelajaran tentang Penatalaksanaan Atonia Uteri sebaiknya membaca dan mempelajari petunjuk pemanfaatan sebelum menggunakan video pembelajaran. (2) Bagi dosen Media video pembelajaran Penatalaksanaan Atonia Uteri bisa digunakan sebagai suplemen pembelajaran yang membantu dosen dalam proses belajar mengajar karena begitu banyak materi serta tahapan praktek yang rumit dan detail (3) Bagi jurusan Kebidanan dengan adanya pengembangan media video Penatalaksanaan Atonia Uteri dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai alternatif media yang digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item