Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Kesatrian 2 Malang / Diki - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Kesatrian 2 Malang / Diki

Diki (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model numbered head together untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN Kesatrian 2 Malang / Diki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Model NHT Hasil Belajar IPS Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti dengan Ibu Sutrisniwati selaku guru mata pelajaran IPS dikelas V SDN Kesatrian 2 Malang pada hari rabu tanggal 26 September 2012 saat menggunakan model diskusi diperoleh gambaran bahwa siswa kelas V kurang fokus pada guru yang menyampaikan materi. Apabila guru mengajukan pertanyaan sehubungan dengan materi siswa cenderung ramai hal ini membuat kelas gaduh banyak siswa yang berbicara dengan teman sebangku. Apabila ada tugas dari guru siswa juga tampak kurang antusias mengerjakan sehingga menunda untuk mengerjakan tugas. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Model pembelajaran yang digunakan oleh peneliti adalah pembelajaran kooperatif model Numbered Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (a) apakah penerapan model Numbered Head Together mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui 2 siklus dengan melakukan penyesuaian terhadap langkah-langkah pelaksanaannya (b) apakah penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa (a) penerapan model Numbered Head Together mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa (b) penerapan model Numbered Head Together mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kesimpulan tersebut didukung oleh hasil analisis data yakni rata-rata nilai yang diperoleh pada siklus I adalah 74 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70%. Dan pada akhir siklus II rata-rata nilai adalah 80 dengan ketuntasan klasikal sebesar 86%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item