Hubungan antara nilai Ebtanas Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dengan prestasi hasil belajar siswa kelas I di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar lamongan <BR>oleh Ahmad Khoirul Afif - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara nilai Ebtanas Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dengan prestasi hasil belajar siswa kelas I di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar lamongan <BR>oleh Ahmad Khoirul Afif

Afif, Ahmad Khoirul (2002) Hubungan antara nilai Ebtanas Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dengan prestasi hasil belajar siswa kelas I di Madrasah Aliyah Matholi'ul Anwar lamongan <BR>oleh Ahmad Khoirul Afif. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Afif Ahmad Khoirul. Hubungun antura Nilai Ebtanas Murni SekrslahL aniutan Tingkat Pertama (S[ TP) dengan Prestasi Hasil Belular Si.swaK elus I di fu[udrusahA liyuh Mutholi ul Anwar Lamongan I ahunP elalaran 200]- 2002. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Study Pendidikan Ekonomi Koperasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (T) Drs. H. Soeatmadji (II) Drs Prih Hardinto M.Sr. Kata Kunci Hubungan N ilai EbtanasM urni PrestasHi asil Belajar. Tuluan pendidikan nasional harus memiliki sistem teknik pengolahan pendidikan yang efisien sebagai upaya untuk mengukur keberhasilan siswa Melalui Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah mengambil kebijakan dengan mengadakan sistem penilaian secara nasional yang dikenal dengan Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS). Salah satu tujuan Ebtanas sebagai alat seleksi masuk ke jenjang pendidikan berikutnya (lebih tinggi). Berkaitand enganh al tersebutm aka dalam penerimaans iswab aru agar mendapatkan lulusan yang baik dengan prestasi yang baik pula pada jenjang berikutnya. Maka permasalahanI a ng muncul adalah ( l) Bagaimanak oondisi Nilai Ebtanas Mumi sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) secara u lulll siswa kelas I di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar (2) Bagaimana prestasi belajar siswa kelas I Catur Wulan 1 2 dan 3 di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar Lamongan (3) Apakah ada hubungan antara Nilai Ebtanas Murni Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) dengan prestasi hasil belajar siswa kelas I Catur Wulan 1 2 dan 3 di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan kondisi Nilai Ebtanas Murni Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) secara umum kelas I di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar Lamongan (2) Untuk menjelaskan prestasi hasil belajar siswa kelas I Catur Wulan 1 2 dan 3 di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar Lamongan (3) Untuk menjelaskan hubungan antara Nilai Ebtanas Murni SekolahL anjutant ingkat Pertama( SLTP) denganp resatashi asrlb elajar siswa kelas I Catur wulan .l 2 dan 3 di Madrasah aliyah Matholi ul anwar Lamongan. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar Lamongant anggal2 8 Mei sampaid engan 28 Juli 2002. Rancanganp enelitian menggunakans urvai penelitianb ersifat deskritif korelasional.P opulasis iswa kelas I Tahun Pelajaran 2001-2002 yang terdiri 6 kelas jumlah siswa 255. Sampely ang diambil sebesa2r 5o/od enganj umlah 64 orangs iswa.A nalisisd ata penelitiani ni menggunakanK orelasiP roductM oment Hasil penelitian menunjukkan bahwa NEM SLTP yang diterima sebagai siswa baru di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar Lamongan Tahun Pelalaran 2001-2002 adalah kategori sangat baik 5 siswa kategori baik l2 siswa kategori cukup 24 siswa kategori kurang 14 siswa dan kategori sangat kurang 9 srswa. Kondisi prestasi hasil belalar siswa kelas I di Madrasah Aliyah Matholiu Anwar Lamongan Tahun Pelajann 2001-2002 adalah kategori sangat baik 2 siswa baik 4 siswa cukup 24 siswa dan 4 siswa kategori kurang. Hasil analisis penelitianm enunjukkanb ahwaH o ditolak danH a diterima sebabr hitung lebih besar darj r tabel 5% (.0 746 0 244) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positip atau sangat signifikan antara Nilai Ebtanas Murni dengan prestasi hasil belajar kelas I Catur Wulan l 2 dan 3 di Madrasah Aliyah Matholi ul Anwar Lamongan Tahun pelajaran 2001-2002. Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi siswa yang mempunyai prestasi baik untuk lebih giat sedang siswa yang prestasinya kurang untuk mengikuti pelajaran tambahan diluar sekolah. Pada penerimaan siswa baru masihc ukup relevanm enggunakans eleksiD ANEM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Oct 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39715

Actions (login required)

View Item View Item