Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI diSMA Negeri 5 Malang / Karinatul Aini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI diSMA Negeri 5 Malang / Karinatul Aini

Aini, Karinatul (2016) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah dan internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI diSMA Negeri 5 Malang / Karinatul Aini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aini Karinatul. 2016. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah dan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS diSMA Negeri 5 Malang. Skripsi JurusanEkonomi Pembangunan FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardono M.Si. (II) Drs. Ir. Yohanes Hadi Soesilo S.Th. M.Div M.E. Kata Kunci pemanfaatan perpustakaansekolah internet hasilbelajarekonomi Pendidikanharusmampumenyesuaikanperkembanganteknologiterhadapupayapeningkatanmutupembelajar yang cerdasdanberintelektual.Sekolahsebagailembagapendidikanharusberusahauntukmewujudkan proses pembelajaran yang kondusif demi meningkatkanhasilbelajarpesertadidik. Siswaharusdiberikemandirianuntukbelajardenganmemanfaatkanberbagaisumberbelajarsehinggatidakhanyamengacupadabukutetapijugamenggunakansumberbelajarlain yang relevan. Salah satunyaadalahdengancaramemanfaatkanperpustakaansekolahsebagaisumberinformasidanmenggunakan internet untukmengetahuiperkembanganekonomiterkini. Penelitianinidilaksanakanuntukmengetahui (1) pengaruhpemanfaatanperpustakaansekolahterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelas XI IIS di SMA Negeri 5 Malang (2) pengaruhpemanfaatan internet terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelas XI IIS di SMA Negeri 5 Malang (3) pengaruhsecarasimultanpemanfaatanperpustakaansekolahdan internet terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelas XI IIS di SMA Negeri 5 Malang. Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkuantitatif.Variabel yang digunakandalampenelitianiniadalahpemanfaatanperpustakaansekolahdanpemanfaatan internet sebagaivariabelindependensertahasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomisebagaivariabeldependen.Populasi yang digunakandalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelas XI IIS SMA Negeri 5 Malang tahunajaran 2015/2016 yang berjumlah 97 siswa.Sampel yang diambilsebanyak 79 siswadenganmenggunakanteknikproportional random samplingyang diperolehdenganrumusSlovin.Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahangketataukuesionerdandokumentasi.Analisis data dalampenelitianinimenggunakananalisis datadeskriptifdananalisis data inferensialdalamanalisisregresi linear bergandadenganbantuanprogram IBM SPSS Statistics Version 23dengantingkatsignifikansi 5%. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwanilaisignifikansi t darivariabelpemanfaatanperpustakaansekolah (X1) sebesar 0.001 danthitungsebesar3.559.sedangkannilaisignifikansit darivariabelpemanfaatan internet (X2) sebesar 0.000 dan thitungsebesar5.013.Nilaisignifikansi F sebesar 0.000 danFhitungsebesar 40.340.Sumbanganefektivitasvariabel X1terhadapvariabel Y adalahsebesar 20 11% sedangkansumbanganefektivitasvariabel X2terhadapvariabel Y sebesar 31 37% dengankoefisiendeterminasisebesar 0.515 atau 51 5%. Berdasarkanhasilanalisis data tersebut dapatdisimpulkanbahwa (1) Adapengaruh yang signifikanantarapemanfaatanperpustakaansekolahterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelas XI IIS di SMA Negeri 5 Malang.(2) Adapengaruh yang signifikanantarapemanfaatan internet terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelas XI IIS di SMA Negeri 5 Malang. (3) Adapengaruh yang signifikansecarasimultanantarapemanfaatanperpustakaansekolahdan internet terhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranekonomikelas XI IIS di SMA Negeri 5 Malang. Berdasarkankesimpulantersebut maka saran yang dapatdiberikanadalah (1) Pihaksekolahdiharapkandapatmempertahankanfasilitasbelajar yang adadanmemberlakukankebijakan-kebijakan yang mampumeningkatkankualitasdariperpustakaansekolahdan internet di sekolahuntukmeningkatkankenyamanandalampenggunaannya. (2) Guru bidangstudiekonomihendaknyamengarahkansiswauntukdapatlebihmemanfaatkanfasilitas yang adatermasukperpustakaansekolahdan internet yang tersediauntukmendukung proses pembelajaranekonomisehinggamampumenunjangprestasisiswa. (3) Peneliti yang akanmelakukanpenelitian yang sejenisdiharapkandapatmengembangkansecaralebihmendalamvariabelpenelitian lain yang terkaitdenganvariabelpemanfaatan internet yang memilikipengaruhlebihbesarterhadaphasilbelajarsehinggapenelitian yang dilakukanlebihberkembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39551

Actions (login required)

View Item View Item