Cahyani, Sinta Septia Anggra (2019) Manajemen pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik di Kampoeng Kidz (studi kasus di SMA Selamat Pagi Kota Baru) / Sinta Septia Anggra Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
vi RINGKASAN Cahyani S.S.A. 2018. Manajemen Pelatihan Kewirausahaan bagi Peserta Didik di Kampoeng Kidz (Studi Kasus di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu). Skripsi Jurusan Administrasi pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agus Timan M.Pd. (II) Dr. Sultoni M.Pd. Kata Kunci manajemen pelatihan kewirausahaan Saat ini dunia memasuki era globalisasi yang menjamah hampir seluruh aspek kehidupan manusia di dunia tidak terkecuali di Indonesia. Salah satu bentuk nyata dari globalisasi adalah munculnya pasar bebas di mana tidak ada lagi batasan-batasan negara dalam suatu kegiatan ekonomi. Indonesia telah memasuki pasar global pada tahun 2010 karena Indonesia terlibat perjanjian ASEAN-China Free Trade Area (ACFA) dan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015. Hal tersebut juga menjadi ancaman Indonesia di mana belum siapnya Indonesia bersaing. Ditandai dengan banyaknya pengangguran yang ada di Indonesia. Salah satu yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah pelatihan entrepreneur atau kewirausahaan. SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu merupakan salah satu sekolah tingkat menengah atas yang menjalankan program kewirausahaan. SMA SPI Kota Batu memiliki laboratorium kewirausahaan yang disebut Kampoeng Kidz sebagai wadah peserta didik untuk mengekspresikan bakat dan minatnya melalui 12 divisi yang tersedia. SMA SPI sudah terkenal sebagai sekolah kewirausahaannya. Dibanding sekolah yang lain SMA SPI memberikan kebebasan bagi peserta didiknya untuk menggali jiwa wirausahanya dengan mengelola Kampoeng Kidz ini yang dibimbing langsung oleh alumni dan pembina kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik di Kampoeng Kidz (2) pengorganisasian pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik di Kampoeng Kidz (3) Pelaksanaan pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik di Kampoeng Kidz dan (d) pengawasan dan evaluasi pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik di Kampoeng Kidz. Rancangan penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kualitatif studi kasus dan menjadikan SMA SPI Kota Batu sebagai lokasi penelitiannya. Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci untuk melakukan pengumpulan data sehingga peneliti berupaya menciptakan hubungan baik dengan subjek penelitian di SMA SPI Kota Batu. Teknik pengumpulan data yakni dengan metode wawancara mendalam observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan melakukan reduksi sesuai kode yang telah dibuat oleh peneliti kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan. Untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan empat kriteria yakni (1) keterpercayaan meliputi triangulasi pengecekan anggota perpanjangan waktu vii pengamatan kecukupan bahan referensi (2) keteralihan (3) ketergantungan dan (4) kepastian. Temuan penelitian ini antara lain (1) Aspek-aspek yang direncanakan meliputi human capital keuangan produksi dan pemasaran sedangkan langkah-langkah perencanaan meliputi analisis SWOT penentuan target usaha dan strategi yang akan digunakan. Tempat pelatihan kewirausahaan bagi peserta didik yaitu di kawasan wisata edukasi Kampoeng Kidz. Sedangkan biaya pelatihan kewirausahaan ditanggung oleh pihak Yayasan Selamat Pagi Indonesia (2) Kampoeng Kidz berada pada naungan yayasan. Sebagai pembina kewirausahaan adalah kepala sekolah dan guru yang dengan suka rela membimbing dan bertugas di luar jam kerja. Untuk penempatan alumni yang bergabung di dalam Kampoeng Kidz dan penempatan peserta didik didasarkan pada kemampuan yang dimiliki atau bakat dan minat (3) Pelaksanaan kegiatan pelatihan kewirausahaan yang dilakukan adalah service excellent dan produksi di mana melayani pengunjung yang datang ke Kampoeng Kidz melalui divisi-divisi usaha yang disediakan. Kegiatan kewirausahaan dilakukan setiap hari dan dibimbing langsung oleh alumni sekolah yang menjadi head divisi. Pemberian motivasi kepada peserta didik dilakukan melalui dream book yang telah dibuat. Faktor pendorong pelatihan yaitu lingkungan sekitar dan faktor penghambat adalah sulitnya regenerasi (4) pengawasan kegiatan pelatihan kewirausahaan dilakukan oleh pembina kewirausahaan dan head di setiap divisi. Pengawasan dilakukan setiap hari karena hampir setiap hari pula kegiatan kewirusahaan dilaksanakan. Pengawasan dilakukan secara langsung dan melalui media WhatsApp yang terkoordinir dengan semua head divisi. Aspek yang diawasi yaitu kesesuaian dengan SOP. Kegiatan evaluasi pelatihan kewirausahaan dilakukan setiap hari aspek yang dinilai yaitu pray attitude knowledge skill and action sedangkan laporan hasil pelatihan kewirausahaan peserta didik dilaporkan di rapot peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian saran yang dapat diberikan yaitu kepada (1) Kepala SMA SPI Kota Batu hendaknya tidak mengorbankan waktu belajar peserta didik di sekolah. (2) Bagi alumni SMA SPI Kota Batu hendaknya alumni mengajak peserta didik melakukan analisis keadaan dalam perencanaan target usaha (3) Peserta didik adanya pendidikan kewirausahaan Kampoeng Kidz ini diharapkan dapat meningkatkan jiwa entrepreneur yang tinggi dan memacu untuk terus belajar supaya kelak dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan (4) Ketua Jurusan Administrasi Pendidikan agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu referensi tema penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan program unggulan sekolah dalam mengembangkan proses pembelajaran yang dilaksanakan setiap lembaga pendidikan serta supaya tetap menjaga kerja sama yang baik dengan sekolah sebagai lokasi penelitian (5) Peneliti lain dapat melanjutkan penelitian pada berbagai aspek yang belum terungkap tentang model dalam pelatihan kewirausahaan Kampoeng Kidz yang belum dapat menggali informasi lebih dalam dari berbagai pihak di SMA SPI Kota Batu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/3939 |
Actions (login required)
View Item |