Kristianingsih, Lidia (2013) Penerapan strategi pembelajaran timbal balik dengan menggunakan metode Guded Note Taking untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII-5 SMP Negeri 5 Malang / Lidia Kristianingsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kristianingsih Lidia. 2013. Penerapan Strategi Pembelajaran Timbal Balik dengan Menggunakan Metode Guided Note Taking untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas 8.5 SMP Negeri 5 Malang. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. Yohanes H.S. S.Th M.Div M.Si (II) Drs. H. A. Ali Wafa M.Pd Kata kunci strategi timbal balik metode guided note taking prestasi belajar. Kegiatan belajar mengajar sangat penting dalam dunia pendidikan dimana guru dan siswa merupakan unsur yang sangat penting di dalamnya. Namun seiring perkembangannya masih terdapat permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar yang mempengaruhi prestasi belajar siswa dimana masih banyak ditemukan hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dan berada di bawah KKM. Oleh karena itu perlu dilakukan penanganan untuk mengatasi masalah tersebut salah satunya dengan menggunakan strategi dan metode belajar yang tepat dalam proses pembelajarannya. Strategi pembelajaran timbal balik atau Reciprocal Teaching dan metode guided note taking merupakan model pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran agar tidak terpusat pada guru saja tapi juga pada siswa sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi timbal balik dengan metode guided note taking dapat meningkatkan prestasi belajar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Dilaksanakan di kelas 8.5 SMPN 5 Malang dengan jumlah 29 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi tes wawancara observasi dan catatan lapangan. Hasil dari pengumpulan data tersebut dianalisis dan disajikan secara naratif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi pembelajaran Timbal Balik dengan menggunakan metode guided note taking terlaksana dengan sangat baik dimana keberhasilan tindakan meningkat sebesar 20 84%. Dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan tindakan menunjukkan tingkat keberhasilan siklus I sebesar 75 93% dan pada siklus II sebesar 92 50%. (2) Prestasi belajar siswa kelas 8.5 SMPN 5 Malang pada ranah kognitif untuk mata pelajaran ekonomi (IPS) meningkat sebesar 20 69% dimana hasil belajar pada siklus I sebesar 68 97% dan siklus II sebesar 89 66%. Berdasarkan hasil data tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran timbal balik dan metode guided note taking dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (IPS) kelas 8.5 SMPN 5 Malang. Disarankan strategi pembelajaran timbal balik dengan metode guided note taking dapat digunakan tidak hanya pada mata pelajaran ekonomi saja tetapi juga pada mata pelajaran dan materi lain yang sesuai dengan model pembelajaran tersebut.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39195 |
Actions (login required)
View Item |