Erlita, Vivi Dwi (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 1 Sutojayan Kabupaten Blitar / Vivi Dwi Erlita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Numbered Heads Together kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMAN I Sutojayan pada kelas XI IPS 5 diketahui bahwa proses pembelajaran pada mata pelajaran Ekonomi masih menggunakan metode konvensional yang menjadikan siswa cenderung bosan dan pasif. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan berpikir kritis dan rendahnya hasil belajar siswa. Hasil observasi juga menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPS 5 memiliki nilai rata-rata pelajaran ekonomi yang rendah dibandingkan kelas lainnya. Oleh karena itu diperlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together yang diharapkan dapat membantu siswa untuk mengasah cara berpikir mereka terhadap suatu masalah secara kritis dan meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi kelas XI di SMAN 1 Sutojayan Kabupaten Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 5 SMA Negeri 1 Sutojayan dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan tahun ajaran 2012/2013. Data yang digunakan adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar dari lembar observasi dan ranah kognitif .Instrument yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi dokumentasi angket dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa kelas XI IPS 5. Hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya persentase hasil kemampuan berfikir kritis siswa siklus I sebesar 70 45% meningkat menjadi 78 40% pada siklus II . Peningkatan hasil belajar siswa dapat terlihat dari hasil ketuntasan hasil belajar siswa ranah kognitif dengan nilai rata-rata siswa yang meningkat dari siklus I pre test sebesar 64% sedangkan post test sebesar 80% dan pada siklus II pre test meningkat sebesar 76% sedangkan post test sebesar 88%.. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 5 SMANegeri 1 Sutojayan. Untuk guru mata pelajaran Ekonomi disarankan bahwa model ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 28 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39189 |
Actions (login required)
View Item |