Aprilia, Friska (2013) Penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X-2 MAN Malang II Kota Batu / Friska Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aprilia Friska. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X-2 MAN Malang II Kota Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S.Sos M.Si (II) Ro ufah Inayati S.Pd M.Pd Kata kunci Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) dan hasil belajar. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti saat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di MAN Malang II Kota Batu saat proses pembelajaran ekonomi di kelas berjalan kurang efektif khususnya di kelas X-2 siswa banyak yang ribut serta ramai sendiri. Selama kegiatan belajar mengajar berlangsung siswa terlihat pasif di kelas siswa kurang berpartisipasi dan sebagian besar dari siswa banyak yang mendapat nilai dibawah KKM pada mata pelajaran ekonomi. Untuk mengatasi hal ini peneliti menerapkan pembelajaran kooperatif dengan teknik Numbered Heads Together (NHT) dengan harapan dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan berpastisipasi dalam proses pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X-2 MAN Malang II Kota Batu dengan jumlah 32 siswa yang terdiri atas 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan pada semester genap tahun ajaran 2012-2013. Dalam penelitian ini data yang diperoleh yaitu hasil belajar dari ranah kognitif yang diambil dari penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik Numbered Heads Together (NHT). Instrument yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi angket pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar kognitif menujukkan nilai rata-rata siswa kelas X-2 MAN Malang II Kota Batu adalah 75 31 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 65 63% pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata siswa 91 25 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 93 75%. Ketuntasan belajar klasikal meningkat sebesar 28 12%. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti bagi guru mata pelajaran khususnya mata pelajaran ekonomi disarankan untuk mencoba menerapkan metode pembelajaran kooperatif dengan teknik Numbered Heads Together (NHT) yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dikarenakan siswa memberikan respon yang positif terhadap penerapan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dan membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dalam membuat instrumen penelitian untuk soal tes disarankan soal tes mempunyai tingkat kesukaran soal yang lebih sulit.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39181 |
Actions (login required)
View Item |