Penerapan perpaduan model pembelajaran Time Token Arends (TTA) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-7 di SMA Negeri 1 Batu / Andita Laila Fajrin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan perpaduan model pembelajaran Time Token Arends (TTA) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-7 di SMA Negeri 1 Batu / Andita Laila Fajrin

Fajrin, Andita Laila (2013) Penerapan perpaduan model pembelajaran Time Token Arends (TTA) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X-7 di SMA Negeri 1 Batu / Andita Laila Fajrin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fajrin Andita Laila. 2013. Penerapan Perpaduan Model Pembelajaran Time Token Arends(TTA) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X.7 di SMA Negeri 1 Batu . Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sapir S. Sos M.Si (II) Drs. H. A. Ali Wafa M.Pd Kata kunci Time Token Arends (TTA) Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal di SMA Negeri 1 Batu permasalahan yang ditemukan peneliti di kelas X.7 yaitu siswa kurang aktif dan kurang tanggap terhadap permasalahan ekonomi yang ada disekitar. Pada saat guru menerapkan metode diskusi hanya ada beberapa siswa yang aktif dan siswa yang lain pasif sehingga menyebabkan diskusi kelas didominasi oleh beberapa siswa yang aktif saja. Hal ini menyebabkan siswa yang pasif tidak bisa menyalurkan ide atau pendapat. Untuk mengaktifkan siswa yang pasif guru biasanya langsung menunjuk kepada siswa tersebut. Untuk mengatasi hal ini peneliti menggunakan perpaduan pembelajaran (TTA) Time Token Arends dan (CIRC) Coopperative Integrated Reading and Composition. Pembelajaran TTA siswa diberi motivasi untuk berpendapat tentang masalah yang sedang dibahas dalam diskusi sehingga tidak adanya kecenderungan siswa memonopoli pembicaraan karena adanya kartu bicara. Sedangkan CIRC merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk mengasah kemampuan berfikir kritis dalam memecahkan masalah dan diskusi setelah siswa memhami materi siswa oleh guru model diberikan selembar artikel untuk dianalisis dan dipecahkan masalahnya untuk didiskusikan alternatif pemecahan masalahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan perpaduan model pembelajaran TTA dan CIRC untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus melalui pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Batu yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar observasi tes catatan lapangan angket dokumentasi dan wawancara Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I mengalami peningkatan pada siklusi II. Ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran TTA dan CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.7 SMA Negeri 1 Batu. Guru mata pelajaran ekonomi disarankan menerapkan perpaduan model pembelajaran TTA dan CIRC dalam menghindari diskusi yang didominasi oleh beberapa siswa di kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penerapan model pembelajaran ini perlu disesuaikan dengan materi dan waktu pembelajaran di sekolah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39179

Actions (login required)

View Item View Item