Aprilia, Ayunda (2013) Pengembangan bahan ajar ekonomi berbasis multimedia interaktif pada siswa kelas VIII SMP Islam 1 Batu / Ayunda Aprilia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aprilia Ayunda. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Ekonomi Berbasis Multimedia Interaktif pada Siswa Kelas VIII SMP Islam 1 Batu. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P. Ak (II) Dr. Agung Haryono S.E. M.P. Ak Kata Kunci bahan ajar ekonomi multimedia interaktif Kemajuan teknologi informasi dan teknologi komunikasi pada saat ini berkembang sangat pesat. Guru harus lebih kreatif mengembangkan proses pembelajaran peserta didik salah satunya adalah dengan cara guru melakukan inovasi dalam pengembangan bahan ajar. Multimedia interaktif adalah perpaduan dari beberapa elemen informasi yang dapat berupa teks peta digital gambar suara animasi dan video yang dikemas dalam CD Interaktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengemas materi pembelajaran pada pokok bahasan Ketenagakerjaan menjadi lebih menarik agar siswa juga tertarik untuk mempelajarinya. 2) Mengembangkan bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru sebagai alternative media pembelajaran ekonomi di kelas. 3) Inovasi dalam pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 4) Mengetahui efektifitas bahan ajar yang dikembangkan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan bahan ajar. Bahan ajar ekonomi yang telah digunkan sebelumnya dikembangkan menjadi sebuah bahan ajar berbasis multimedia interaktif. Model yang digunakan dalam pengembangan bahan jar ekonomi ini adalah model prosedural karena bersifat deskriptif yaitu menggariskan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Penelitian ini melibatkan tiga dosen Ekonomi Universitas Negeri Malang dan seorang guru IPS SMP Islam 1 Batu sebagai subyek ahli materi dan ahli mediauntuk memvalidasi bahan ajar ekonomi berbasis multimedia interaktif. Hasil penelitian adalah 1) dari hasil validasi subyek ahli materi isi materi bahan ajar berbasis multimedia interaktif ini sudah layak digunakan. Namun penyusun masih harus melakukan perbaikan-perbaikan. 2) dari validasi ahli media dan validasi subyek coba multimedia interaktif ini layak digunkan dengan kriteria sangat baik. Namun masih harus melakukan perbaikan untuk menyempurkan bahan ajar ekonomi berbasis multimedia interkatif 3) hasil dari tes subyek coba didapatkan bahwa ada perbedaan nilai ulangan kelas VIII B dan nilai ulangan kelas VIII C. Untuk rata-rata (mean) kelas VIII B sebesar 86.50 dan untuk kelas VIII C sebesar 76.00 artinya bahwa rata-rata ujian kelas VIII B yang diterapkan bahan ajar ekonomi berbasis multimedia interaktif lebih tinggi daripada kelas VIII C yang tidak diterapkan bahan ajar ekonomi berbasis multimedia interaktif. Perbedaan rata-rata kelas VIII B dan VIII C (mean difference) sebesar 10.50 (hasil selisih dari 86.50-76.00) dan perbedaan 5.096 samapai 15.904 jika dilihat dari lower dan upper. Namun jika dianalisis satu per satu jika dilihat dari KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) pada kelas VIII C terdapat 8 siswa yang belum mencapai KKM. Sedangkan kelas VIII B terdapat 3 siswa yang belum mencapai KKM. Sehingga dapat dilihat bahwa bahan ajar ini sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Bahan ajar ekonomi berbasis multimedia interaktif ini layak untuk dikembangkan bagi siswakelas VIII SMP Islam 1 Batu didukung dengan data validitas dari subyek ahli materi dengan perolehan rata-rata kriteria validitas sangat baik . (2) Bahan ajar ekonomi berbasis multimedia interaktif ini layak untuk dikembangkan bagi siswakelas VIII SMP Islam 1 Batu didukung dengan data validitas dari subjek ahli multimedia dan subjek coba dengan perolehan rata-rata kriteria validitas sangat baik . (3) Pengembangan bahan ajar ekonomi berbasis multimedia interaktif yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Islam 1 Batu dengan dukungan data nilai postes siswa yang menunjukkan adanya peningkatan nilai siswa kelas VIII B dari rata-rata pre-test 70.75 menjadi 86.50.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39177 |
Actions (login required)
View Item |