Penerapan pembelajaran teknik mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (Ekonomi) siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang / Sukma Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran teknik mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (Ekonomi) siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang / Sukma Oktaviani

Oktaviani, Sukma (2013) Penerapan pembelajaran teknik mind mapping untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (Ekonomi) siswa kelas VII-G SMP Negeri 9 Malang / Sukma Oktaviani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Mind Mapping aktivitas dan hasil belajar. Observasi awal dalam penelitian ini dilakukan pada saat peneliti melakukan kegiatan PPL diketahui pembelajaran IPS (Ekonomi) di SMP Negeri 9 Malang belum sepenuhnya menggunakan metode kooperatif yang melibatkan siswa secara aktif. Selama ini pembelajaran di SMP Negeri 9 Malang masih menggunakan metode konvensional. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan peserta didik dianggap sudah belajar apabila mereka sudah menghafal materi yang telah diajarkan. Kebiasaan menghafal tersebut membawa dampak buruk pada peserta didik mereka tidak dapat memahami makna pembelajaran yang sesungguhnya. Untuk mengatasi hal ini di perlukan suatu pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yaitu pembelajaran Penerapan Pembelajaran Teknik Mind Mapping yang diharapkan dapat membantu siswa untuk meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research) dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang dengan jumlah 39 siswa yang terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan tahun ajaran 2012-2013. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar dari ranah kognitif dan afektif yang di ambil dari penerapan pembelajaran Penerapan Pembelajaran Metode Kooperatif Teknik Mind Mapping. Instrument yang digunakan yaitu soal tes lembar observasi angket pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII-G. Hal ini ditunjukkan dengan adanya persentase aktivitas siswa siklus I yang meningkat sebesar 83 33% dari siklus I sebesar 46 15% dan pada siklus II sebesar 96 07%. Ketuntasan hasil belajar aspek kognitif juga mengalami peningkatan sebesar 6 09% dari siklus I sebesar 82% dan pada siklus II sebesar 87% sedangkan hasil belajar ranah afektif siswa meningkat sebesar 96 07% dari siklus I sebesar 51% meningkat pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pembelajaran Penerapan Pembelajaran Teknik Mind Mapping berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-G SMP Negeri 9 Malang. Guru mata pelajaran IPS disarankan menerapkan Penerapan Pembelajaran Metode Kooperatif Teknik Mind Mapping sebagai model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/39159

Actions (login required)

View Item View Item