Ghofliana, Febrila (2013) Perpaduan penerapan model pembelajaran mind mapping dengan picture and picture untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII negeri 7 Malang / Febrila Ghofliana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Mind mapping picture and picture kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. Proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII. C SMP Negeri 7 Malang sering dilakukan dengan metode ceramah dimana pembelajaran didominasi oleh guru. Siswa cenderung pasif dan bosan. Hal ini berdampak pada rendahnya pemahaman siswa tentang materi yang menyebabkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dengan hal itu sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Selain itu juga karena pelajaran IPS Terpadu ini cenderung hafalan maka penulis ingin melatih siswa untuk tidak hanya menghafal tetapi juga memahami konsep yang ada sehingga siswa akan tetap mengingatnya dalam waktu yang lama. Oleh karena itu diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat menarik dan menyenangkan yang dapat membantu siswa mengasah kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan perpaduan model pembelajaran mind mapping dengan picture and picture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping dengan picture and picture untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII. C SMP Negeri 7 Malang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan jumlah subyek penelitian adalah 35 siswa kelas VIII. C SMP Negeri 7 Malang yang terdiri dari 10 siswa laki laki dan 25 siswa perempuan. Data yang digunakan dalam kemampuan berpikir kritis menggunakan data dari penilaian ranah afektif sedangkan untuk hasil belajar menggunakan data dari penilaian ranah kognitif dan afektif. Instrumen yang digunakan adalah soal tes lembar observasi pedoman wawancara dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil yang didapat adalah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Persentase kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 68 39% dan pada siklus II sebesar 77 85% sedangkan ketuntasan hasil belajar aspek kognitif pada siklus I sebesar 83 16% dan pada siklus II sebesar 87 37% dan hasil belajar ranah afektif mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 91 90% dan pada siklus II sebesar 95 23%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perpaduan penerapan pembelajaran mind mapping dengan picture and picture dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VIII.C SMP Negeri 7 Malang. Guru mata pelajaran IPS terpadu dapat menerapkan pembelajaran ini untuk alternatif pembelajaran dikelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39151 |
Actions (login required)
View Item |