Riana, Fifit (2012) Efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas x di SMA Negeri 1 Kandangan Kabupaten Kediri / Fifit Riana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci model kooperatif tipe problem posing hasil belajar. Saat ini pendidikan di Indonesia sedang mengalami perubahan menuju perbaikan. Salah satu bentuk usaha perbaikan tersebut adalah merubah orientasi pembelajaran saat ini yang berawal dari pembelajaran berpusat kepada guru beralih menjadi berpusat kepada siswa. Dalam hal ini berarti seorang guru harus kreatif dan inovatif dalam memilih menentukan dan melakukan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam dunia pendidikan terdapat tipe pembelajaran problem posing yang merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif untuk membangun struktur kognitif siswa. Pada pembelajaran ini siswa diharapkan dapat mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Dalam kegiatan tersebut siswa bisa memperoleh jawaban atau informasi dari guru dan siswa lainnya. Dengan demikian banyaknya aktifitas yang dilakukan dapat menimbulkan antusias siswa dalam belajar sehingga pemahaman tentang ekonomi semakin baik dan hasil belajarnya akan meningkat. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing (3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe problem posing lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian adalah eksperimen semu. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kandangan Kabupaten Kediri. Sedangkan sampel yang diambil terdiri dari dua kelas yaitu kelas X-7 sebagai kelas kontrol dan X-6 sebagai kelas eksperimen yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data diambil dari tes (pretest dan postest) observasi dukomentasi dan wawancara. Analisis deskripstif uji persyaratan (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis menggunakan nilai rata-rata (uji t). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung diperoleh peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 40 39 dan nilai rata-rata postest sebesar 74 74 (2) hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing diperoleh peningkatan dilihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 42 11 dan nilai rata-rata postest sebesar 85 92 (3) ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ekonomi siswa yang diajar menggunakan model ii pembelajaran kooperatif tipe problem posing dengan model pembelajaran langsung. Saran yang peneliti sampaikan antara lain (1) model pembelajaran kooperatif tipe problem posing dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi (2) Dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing hendaknya guru mengalokasikan waktu sebaik mungkin agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. (3) Guru hendaknya memberi pengawasan penuh pada saat proses diskusi berlangsung agar proses belajar kelompok dapat benar-benar kooperatif. (4) Bagi guru yang belum pernah dan ingin menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe problem posing hendaknya dibantu oleh beberapa observer sehingga guru dapat mengetahui kekurangan dari pembelajaran yang disampaikan dan selanjutnya dilakukan perbaikan-perbaikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Sep 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/39116 |
Actions (login required)
View Item |