Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe improve terhadap peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Sri Puji Rahayu - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe improve terhadap peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Sri Puji Rahayu

Rahayu, Sri Puji (2009) Penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe improve terhadap peningkatan aktivitas belajar dan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang / Sri Puji Rahayu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara diketahui bahwa aktivitas belajar siswa masih kurang. Hal ini terlihat dari bermacam-macam masalah yang muncul antara lain (1) keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran masih kurang (2) hanya siswa tertentu saja yang aktif untuk bertanya dan menjawab pertanyaan (3) keaktifan dan tanggungjawab siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan juga masih kurang (4) kurangnya keberanian siswa untuk menyampaikan pendapat di depan kelas. Selain itu model pembelajaran yang dilakukan masih cenderung ceramah dan cenderung berpedoman kepada buku teks sehingga siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Adanya aktivitas belajar yang kurang ini mengakibatkan prestasi belajar yang diperoleh siswa juga masih harus lebih ditingkatkan. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan proses pembelajaran sehingga aktivitas dan prestasi belajar juga akan meningkat. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah salah satu model pembelajaran kooperatif dengan tipe Improve. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) proses penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Improve (2) deskripsi dan analisis penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Improve dalam meningkatkan aktivitas belajar (3) deskripsi dan analisis penerapan model pembelajaran kooperatif dengan tipe Improve dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok Inflasi terhadap siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam II siklus yaitu siklus I menggunakan materi definisi dan penyebab Inflasi serta siklus II menggunakan materi dampak dan cara mengatasi inflasi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IS 4 SMA Negeri 2 yang terdiri dari 34 siswa selanjutnya siswa tersebut dibagi kedalam 7 kelompok heterogen. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi wawancara tes angket dan catatan lapangan. Tahap-tahap dalam penelitian ini meliputi tahap pra tindakan penelitian kegiatan tindakan penelitian dan pelaporan hasil penelitian. Berdasarkan hasil observasi aktivitas belajar siswa yang dilakukan nampak bahwa rata-rata nilai aktivitas belajar kelas dalam model pembelajaran kooperatif dengan tipe Improve menunjukkan peningkatan. Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 46 69 dan pada siklus II meningkat sebesar 38 81 menjadi sebesar 82 5. Berdasarkan hasil penelitian pada setiap siklus menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar nampak pada rata-rata nilai kelas prestasi belajar aspek kognitif yang berasal dari hasil tes verifikasi tiap siklus menunjukkan peningkatan sebesar 41 18 dari 71 47 pada siklus I menjadi 83 97 pada siklus II. Berdasarkan sebaran angket tes prestasi belajar aspek afektif yang diisi setiap siswa per siklus juga mengalami peningkatan rata-rata nilai kelas sebesar 16 15 dari 75 32 pada siklus I menjadi 91 47 pada siklus II. Disamping itu berdasar hasil observasi prestasi belajar aspek psikomotorik juga menujukkan peningkatan rata-rata nilai kelas sebesar 9 27 dari 89 26 pada siklus I menjadi 98 53 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif dengan tipe Improve dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI-IS 4 SMA Negeri 2 Malang. Sehinggga model pembelajaran kooperatif dengan tipe Improve dapat menjadi salah satu model pembelajaran alternatif yang dapat diterapkan pada mata pelajaran ekonomi atau mata pelajaran lainnya yang sesuai untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38558

Actions (login required)

View Item View Item