Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan stock repurchase terhadap harga saham perusahaan yang listing di BEI tahun 2009-2012 / Anggita Ellyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan stock repurchase terhadap harga saham perusahaan yang listing di BEI tahun 2009-2012 / Anggita Ellyana

Ellyana, Anggita (2014) Pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas dan stock repurchase terhadap harga saham perusahaan yang listing di BEI tahun 2009-2012 / Anggita Ellyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ellyana Anggita. Pengaruh Ukuran Perusahaan Profitabilitas dan Stock Repurchase terhadap Harga Saham Perusahaan yang Listing di BEI Tahun 2009-2012. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) IkaPutriLarasati S.E. Mcom (II) Hj. YuliWidiAstuti S.E. M.Si. Ak. Kata Kunci signalling theory ukuran perusahaan profitabilitas stock repurchase harga saham. 12288 12288 12288 12288 Signalling theory menjelaskan bagaimana perusahaan memberikan sinyal kepada pasar sehingga sinyal tersebut dapat mempengaruhi permintaan saham oleh investor. Sinyal yang dianggap positif oleh investor dapat meningkatkan permintaan saham sedangkan sinyal negatif dapat menurunkan permintaan saham. Kenaikan dan penurunan permintaan tersebut dapat mempengaruhi harga saham di bursa. 12288 12288 12288 12288 Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi harga saham perusahaan antara lain adalah ukuran perusahaan profitabilitas dan stock repurchase. Ukuran perusahaan merupakan vatiabel yang menjelaskan seberapa besar sebuah perusahaan. Dalam penelitian ini ukuran perusahaan diproksi dengan menggunakan jumlah total aset perusahaan. Profitabilitas merupakan rasio yang menjelaskan tentang kemampuan perusahaan dalam menghasilkan keuntungan. Rasio profitabilitas yang dugunakan dalam penelitian ini adalah ROE (Return On Equity). Variabel yang terakhir yaitu stock repurchase merupakan aksi pembelian kembali saham yang telah beredar di masyarakat oleh perusahaan. Proksi yang digunakan untuk variabel ini adalah jumlah saham yang dibeli kembali pada tahun yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan (X1) profitabilitas (X2) dan stock repurchase (X3) terhadap harga saham (Y) secara parsial. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah analaisis regresi linier berganda uji t. Berdasarkan analisis uji t yang dilakukan diketahui bahwa ukuran perusahaan dan profitabilitas berpengaruh terhadap harga saham dengan arah yang positif sedangkan variabel stock repurchase dinyatakan tidak berpengaruh terhadap harga saham perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 07 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/38411

Actions (login required)

View Item View Item