Kusuma, Indra Perdana (2010) Pengaruh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS dan XII IPS dalam implementasi sekolah bertaraf internasional di SMA Negeri 1 Blitar / Indra Perdana Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Persepsi Siswa Kompetensi Profesional Guru Lingkungan Belajar Siswa Kesiapan Belajar Siswa. Menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dapat dilakukan dengan peningkatan kualitas dunia pendidikan. Dunia pendidikan tidak terlepas dari peranan guru dan lingkungan belajar yang ada di sekolah. Tentunya kedua hal tersebut berkaitan dengan bagaimana siswa mempersiapkan diri untuk belajar. Siap atau tidaknya siswa dalam belajar di sekolah dapat dipengaruhi oleh persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan bagaimana kondisi lingkungan belajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS dan XII IPS di SMA Negeri 1 Blitar baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS dan XII IPS dengan jumlah 194 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan metode proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS dan XII IPS di SMA Negeri 1 Blitar dengan nilai thitung 2 235. Sedangkan lingkungan belajar siswa di sekolah tidak berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS dan XII IPS di SMA Negeri 1 Blitar dengan nilai thitung 0 301. Secara simultan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar siswa di sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kesiapan belajar siswa kelas XI IPS dan XII IPS di SMA Negeri 1 Blitar dengan nilai Fhitung 3 277. Berdasarkan hasil penelitian tersebut saran yang direkomendasikan adalah seluruh warga sekolah harus selalu menjaga suasana lingkungan belajar yang aman dan nyaman sehingga tercipta suasana belajar yang kondusif. Tidak adanya pengaruh antara lingkungan belajar siswa di sekolah terhadap kesiapan belajar siswa hendaknya peneliti yang tertarik dengan penelitian serupa menambah jumlah variabel bebas yang masih berkaitan dengan persepsi siswa tentang kompetensi profesional guru dan lingkungan belajar siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Nov 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/37906 |
Actions (login required)
View Item |