Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif pengenalan aksara Jawa terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Kiddoz Mojokerto / Ari Fikiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif pengenalan aksara Jawa terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Kiddoz Mojokerto / Ari Fikiyanto

Fikiyanto, Ari (2013) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif pengenalan aksara Jawa terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SD Kiddoz Mojokerto / Ari Fikiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Media Pembelajaran Interaktif Aksara Jawa Hasil Belajar Pembelajaran bahasa jawa di SD Kiddoz Mojokerto selama ini gurunya kurang menggunakan berbagai variasi metode dan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Guru lebih banyak menggunakan media papan tulis dengan memakai metode ceramah yang sering di istilahkan dengan metode konvensional sehingga kegiatan belajar mengajar terasa membosankan dan dan hasil belajarnya rendah terutama untuk mata pelajaran yang materinya sulit seperti pada materi penulisan aksara jawa (hanacaraka) untuk anak kelas IV. Salah satu cara untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran interaktif yang dikemas dalam bentuk CD (Compact Disc) pembelajaran yang sudah dikembangkan oleh Tossy Aguk Satriangun. Media ini dipilih karena memiliki beberapa kelebihan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar bahasa jawa siswa kelas IV SD Kiddoz Mojokerto yang diajar menggunakan media pembelajaran interaktif dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan mengambil subjek penelitian dua kelas yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes untuk pretest dan postest. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians satu jalur (One Way Anova) yang diselesaikan dengan bantuan komputer program SPSS 16 0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikansi 95% a 5% df1 (jumlah variabel 1) 1 df2 (jumlah data kelompok data) 29 - 2 27 diketahui Ftabel sebesar 4.2100 dan Fhitung sebesar 11.254. Karena Fhitung Ftabel (11.254 4.2100) maka Ho ditolak berarti ada perbedaan hasil belajar bahasa jawa siswa kelas IV SD Kiddoz Mojokerto yang diajar menggunakan media pembelajaran interaktif dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran interaktif. Saran yang diajukan untuk guru bidang studi bahasa jawa agar mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran interaktif pengenalan aksara jawa sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar bahasa jawa siswa. Bagi kepala sekolah diharapkan bisa menjadikan media pembelajaran interaktif sebagai pertimbangan dan alternative utama media yang digunakan untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Bagi peneliti berikutnya disarankan untuk mengembangkan penelitian dengan menggunakan media pembelajaran interaktif selain materi pengenalan aksara jawa atau menggunakan media yang berbeda serta aspek yang diukur adalah aspek yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/378

Actions (login required)

View Item View Item