Kamilatillah, Melati (2013) Kajian lingkup praktik profesi teknologi pendidikan dan perkembangannya di Indonesia / Melati Kamilatillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci lingkup praktik profesi teknologi pendidikan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kajian pustaka. Data penelitian berupa berbagai sumber pustaka yang membahas mengenai profesi teknologi pendidikan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengelompokan data berdasarkan rumusan masalah yang kemudian dilakukan pemaparan hasil kajian sehingga menampilkan gagasan baru yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan ilmu. Hasil yang diperoleh adalah profesi teknologi pendidikan meliputi lingkup praktik pengembangan sumber daya manusia khususnya yang dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan. Prosedur Pendidikan dan Latihan Sumber Daya Manusia (PLSDM) dalam garis besarnya meliputi kegiatan identifikasi kebutuhan identifikasi kondisi perumusan tujuan pengembangan jadwal dan materi pendidikan pelaksanaan pendidikan evaluasi dan umpan balik. Sesuai pangsa pasar kerja teknolog pendidikan dibedakan menjadi dua yaitu peneliti dan praktisi. Peneliti yang berkarya di lembaga akademik berkepentingan dengan setiap kawasan. Biasanya mereka mengkhususkan satu atau dua bidang minat. Di sekolah atau lembaga pelatihan kebanyakan peneliti terlibat dalam penelitian evaluatif. Kebanyakan teknolog pembelajaran mempunyai pekerjaan yang menuntut keahlian khusus dalam satu atau dua bidang misalnya desain dan pengembangan teknologi tertentu atau pemanfaatan media. Pendidikan dan pelatihan dalam teknologi pendidikan di Indonesia telah dimulai pada tahun 1972 berupa latihan untuk pengembangan bahan ajar melalui radio. Pada tahun 1974 mulai diberikan mata kuliah teknologi pendidikan di IKIP Jakarta dan pada tahun 1976 dibuka pendidikan akademik jenjang Sarjana dalam program teknologi pendidikan melalui kerja sama antara Tim Penyelenggara Teknologi Komunikasi untuk Pendidikan dan Kebudayaan dengan IKIP Jakarta. Dua tahun kemudian pada tahun 1978 dibuka pendidikan jenjang Magister dan Doktor Teknologi Pendidikan di IKIP Jakarta. Program pendidikan tersebut merupakan bagian integral dari Proyek Pengembangan Teknologi Komunikasi untuk Pendidikan yang sekaligus bertujuan untuk membentuk suatu lembaga yang bertanggung jawab mengkoordinasikan pengembangan teknologi pembelajaran di Indonesia. Hingga saat ini sudah delapan universitas yang membuka program Pascasarjana Teknologi Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/377 |
Actions (login required)
View Item |