Kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam (studi kasus di MAN Tuban) / Ida Aisha - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam (studi kasus di MAN Tuban) / Ida Aisha

Aisha, Ida (2016) Kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam (studi kasus di MAN Tuban) / Ida Aisha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Aisha Ida. 2016. Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus di MAN Tuban). Skripsi. Jurusan Administrasi Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd. M.Si (II) Dr. H. Imron Arifin M.Pd Kata Kunci Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Mutu Kepala madrasah merupakan tenaga professional guru yang bertugas untuk memimpin suatu madrasah. Kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan harus mampu untuk menggerakkan mengarahkan serta mempengaruhi perilaku dari personel madrasah dari pendidik dan tenaga kependidikan. Seorang pemimpin harus memiliki kepemimpinan yang efektif karena hal tersebut merupakan salah satu kemajuan dan keberhasilan dari lembaga. Dari sinilah diketahui bahwa kepala madrasah bertanggungjawab untuk meningkatkan mutu madrasah. Peningkatan mutu madrasah merupakan paradigma baru yang memprioritaskan pada pembangunan madrasah yang disesuaikan dengan kebijakan pendidikan nasional. Mutu adalah gambaran dari kepuasan atas tercapainya kebutuhan yang diharapkan. Oleh karena itu kajian mendalam tentang kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu lembaga pendidikan Islam. Fokus penelitian yaitu 1) karakteristik kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan 2) tipe kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan 3) upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan 4) faktor pendukung kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan 5) faktor penghambat kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Tuban. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan peneliti adalah informasi yang diperoleh dari subjek penelitian yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN Tuban. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Kemudian melakukan analisis data yaitu reduksi data display data dan verifikasi data. Setelah itu pemeriksaan keabsahan temuan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan yang pertama bahwa karakteristik kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan adalah bertanggungjawab disiplin energik bersemangat memotivasi dan menginovasi. Kedua tipe kepemimpinan kepala madrasah adalah tipe demokratis yakni sebagai pemimpin pendidikan dengan memberi kebebasan seperti dalam mengusulkan pendapat dari anggotanya memberikan kesempatan kepada anggotanya untuk ikut berpartisipasi atau menjalankan program madrasah secara penuh. Menghargai potensi dan kecerdasan yang dimiliki oleh setiap personel madrasah. Kemudian dalam mengambil keputusan selalu berdasarkan kesepakatan bersama. Ketiga upaya kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan diantaranya 1) menyamakan persepsi terlebih dahulu dengan para guru serta staf tentang visi misi dan tujuan madrasah 2) memperbaiki dan menambah sarana dan prasarana serta menyediakan fasilitas untuk mengikuti perlombaan 3) mengikutsertakan guru atau staf dalam kegiatan pelatihan atau diklat atau dengan mendatangkan pihak-pihak ahli dari luar untuk memberikan motivasi dan berbagi pengalaman dengan tujuan meningkatkan kompetensi dari para guru 4) mengadakan event untuk memperkenalkan MAN Tuban kepada masyarakat dan mengikutsertakan peserta didik dalam perlombaan tingkat Kabupaten Provinsi dan Nasional 5) menjalin kerjasama dengan pihak luar. Keempat faktor pendukung peningkatan mutu pendidikan dapat dilihat dari pendidik dan tenaga kependidikan dalam hal memberikan tugas dan mengoptimalkan layanan kepada peserta didik dalam proses belajar mengajar peserta didik dengan menghasilkan lulusan yang berkualitas faktor orangtua yang senantiasa mendukung setiap kegiatan anak fasilitas madrasah dengan memberikan dan meningkatkan alat-alat pembelajaran lingkungan dari luar ataupun dalam madrasah. Kelima dari faktor penghambatnya adalah saluran air untuk menampung hujan mengalami kemacetan sehingga air hujan bisa masuk ke dalam ruang kelas dan kurangnya keberanian dari guru untuk terlibat secara penuh dalam pelaksanaan program madrasah sehingga membutuhkan pendampingan. Berdasarkan hasil temuan penelitian agar kepemimpinan pendidikan di madrasah berjalan lancar maka disarankan kepada 1) kepala MAN Tuban sebaiknya meningkatkan dan mengembangkan kompetensi kepemimpinannya 2) guru dan staf MAN Tuban sebaiknya meningkatkan pembelajaran dan lebih mengoptimalkan pemberian layanan dan guru lebih memberanikan diri untuk berkreasi dalam menjalankan program madrasah 3) bagi mahasiswa jurusan Administrasi Pendidikan sebaiknya lebih mengkaji tentang kepemimpinan pendidikan dalam mengembangkan suatu lembaga pendidikan dan 4) bagi peneliti lain sebaiknya lebih memperhatikan tentang kepemimpinan pendidikan yang diterapkan di suatu lembaga pendidikan ataupun yayasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item