Pengaruh kemanfaatan NPWP, pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Batu / Aufiar Riesvie - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemanfaatan NPWP, pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Batu / Aufiar Riesvie

Riesvie, Aufiar (2016) Pengaruh kemanfaatan NPWP, pemahaman wajib pajak, kualitas pelayanan, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Batu / Aufiar Riesvie. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Riesvie Aufiar. 2016. Pengaruh Kemanfaatan NPWP Pemahaman Wajib Pajak Kualitas Pelayanan dan Sanksi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Batu. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Hj. Yuli Widi Astuti S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. H. CiptoWardoyo SE. M.Pd. M.Si. Ak. Kata kunci kemanfaatan NPWP pemahaman wajib pajak kualitas pelayanan sanksi perpajakan kepatuhan wajib pajak orang pribadi Saat ini Kota Batu merupakan Kota pariwisata yang banyak mendatangkan wisatawan baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Meningkatnya sektor pariwisata di Kota Batu membuat banyaknya usaha orang pribadi yang bermunculan sehingga jumlah wajib pajak orang pribadi yang terdaftar di Kota Batu ikut meningkat hal ini juga mendorong perekonomian Kota Batu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan NPWP pemahaman wajib pajak kualitas pelayanan dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Penelitian ini menggunakan grand theory Atribusi yang menyebutkan bahwa perilaku seseorang ditentukan oleh kombinasi antara kekuatan internal dan kekuatan eksternal. Penelitian ini menggunakan kuisioner sebagai alat penelitian. Metode sampling yang digunakan adalah accidential sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu sebanyak 5.719. Sampel yang digunakan adalah 373 wajib pajak orang pribadi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial diketahui bahwa kemanfaatan NPWP pemahaman wajib pajak kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi sedangkan sanksi perpajakan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Saran untuk KPP Pratama Batu adalah (1) memberikan lebih banyak manfaat atas kepemilikan NPWP (2) memberikan sosialisasi tentang perpajakan sehingga pemahaman dan pengetahuan mengenai perpajakan bertambah (3) memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dan (4) memperhitungkan lagi sanksi administrasi yang akan diberikan sehingga bisa membuat wajib pajak patuh membayar pajak tepat waktu. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah (1) menambah variabel independen lain (2) menambahkan jumlah sampel penelitian (3) Menggunakan metode purposive sampling untuk pengambilan sampel karena data yang diambil lebih bersyarat dan tepat sasaran dan (4) melakukan metode wawancara untuk mengurangi respon bias dari jawaban responden.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Aug 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/37119

Actions (login required)

View Item View Item