Hadi, Andreas Pranata Aditya (2014) Penggunaan POS (Point of Sales) untuk menunjang kualitas pelayanan dan mekanisme penyetokan persediaan (studi kasus Freams Cafe 'N Resto Retawu Malang) / Andreas Pranata Aditya Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Aditya Andreas Pranata. 2013. Penggunaan Pos (Point Of Sales) untuk Menunjang Kualitas Pelayanan dan Mekanisme Penyetokan Persediaan (Studi Kasus Dreams Caf N Resto Retawu Malang.) Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Triadi Dr. Cipto Wardoyo S.E. M.Pd M.Si.Ak (II) Sawitri Dwi Prastiti S.E. M.Si. Ak. Kata kunci Point of Sales (POS) Kualitas Pelayanan Mekanisme Penyetokan Persediaan 12288 12288 12288 12288 Teknologi sangat membantu manusia untuk meringankan pekerjaannya. Point of Sales (POS) system merupakan salah satu aplikasi berbasis komputer yang dapat memberikan efisiensi dan meningkatkan kualitas dalam pelayanan. Disamping itu POS juga membantu kegiatan penyetokan barang. Dreams Caf n Resto Retawu Malang menggunakan POS sebagai alat penunjang aktivitas pelayanan dan pembuatan laporan keuangan. Namun dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa hambatan baik dari sistem POS sendiri maupun sumber daya manusia yang mengoperasikannya. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan sebagai pengujian pada pemberlakuan filsafat teknologi oleh Quintanilla (1998) dalam Permana (2013) khususnya pandangan praksioligis dan POS adalah contoh dari pengembangan teknologi yang membantu manusia. POS membantu Dreams Cafe n Resto sebagai alat penunjang kualitas pelayanan dan mekanisme penyetokan persediaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen pengumpulan data. Data observasi berupa tabel observasi data wawancara berupa transkrip wawancara yang direduksi dan data dokumentasi menggunakan kartu stok manual milik Dreams Cafe n Resto. Ketiga data tersebut saling mendukung dan membantu dalam menarik kesimpulan . Hasil penelian menyatakan bahwa (1) POS dapat membantu Dreams Caf dalam menunjang kualitas pelayanan namun untuk mencapai kualitas pelayanan yang diinginkan sangat bergantung pada pemilik dan karyawan Dreams Cafe sebagai pengguna. Kendala pelayanan bersumber pada pemahaman pengguna dan error programe. (2) POS berperan sebagai acuan baku jumlah persediaan yang membantu mengidentifikasi selisih jumlah persediaan pada stok manual dan POS. POS mengurangi resiko kesalahan pencatatan secara manual dan human error. Selain menggunakna POS sebagai penunjang persediaan pemilik Dreams Cafe perlu melakukan pengendalian persediaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Nov 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/36858 |
Actions (login required)
View Item |